Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil III DJKN Pekanbaru Adakan Sosialisasi Lelang Bersama Bank Indonesia Pekanbaru
N/a
Jum'at, 27 Juli 2012 pukul 13:57:36   |   676 kali

Pekanbaru - Sebagai tindak lanjut dari inisiatif strategi Kantor Wilayah III Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil III DJKN) Pekanbaru, pada tanggal 18 Juli 2012 bertempat di ruang rapat Bank Indonesia (BI), diadakan sosialisasi mengenai lelang hak tanggungan dan fiducia. Acara dihadiri oleh seluruh kepala cabang perbankan di wilayah Pekanbaru.

Acara dibuka oleh Pimpinan BI Perwakilan Pekanbaru Hari Utomo, dalam sambutannya disampaikan bahwa dengan perkembangan jenis pemberian kredit yang semakin kompleks diperlukan suatu bentuk penjaminan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perbankan. Salah satu penjaminan colateral yang paling populer adalah hak tanggungan dan fiducia. Berkaitan dengan hal tersebut, BI secara khusus mengundang Kanwil III DJKN Pekanbaru dalam acara rutin yang diselenggarakan oleh BI dengan seluruh pimpinan cabang perbankan di wilayah Pekanbaru ini agar dapat melakukan sosialisasi seputar praktek pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan dan fiducia.

Selanjutnya acara dibawakan oleh Kepala Kanwil III DJKN Pekanbaru Tri Intiaswati, dengan pemaparan berupa penjelasan secara ringkas perihal struktur organisasi, tugas, dan fungsi DJKN, esensi dari pelelangan itu sendiri, yang dalam hal ini dijabarkan lebih lanjut terkait jenis-jenis pelelangan (lelang eksekusi, lelang non eksekusi wajib, dan lelang sukarela). Lelang eksekusi harus dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas I, lelang sukarela dapat dilakukan pada balai lelang oleh Pejabat Lelang Kelas II. Ia juga menjelaskan mengenai besaran bea lelang dan pajak-pajak yang dikenakan pada kegiatan pelelangan, kendala-kendala, dan solusi praktik pelaksanaan pelelangan.

Para peserta mengikuti acara dengan antusias, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta pada saat sesi tanya jawab, walaupun sayangnya tidak semua pertanyaan dapat dijawab secara detail sehubungan dengan waktu yang terbatas dan sifat acara yang memang baru pengenalan terhadap lelang saja.

   

Acara ditutup dengan pesan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan acara workshop terkait strategi pelaksanaan pelelangan selama 1-2 hari dengan materi yang lebih intens dan mendetail. (Bidang HI Kanwil III DJKN Pekanbaru)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini