Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil XII DJKN Banjarmasin Laksanakan Inventarisasi dan Penilaian BMN Aset Eks Pertamina
N/a
Senin, 30 Juli 2012 pukul 15:32:26   |   862 kali

Banjarbaru - Tim Inventarisasi dan Penilaian Barang Milik Negara (IP BMN) aset eks Pertamina Kantor Wilayah XII Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil XII DJKN) Banjarmasin telah melaksanakan kegiatan inventarisasi dan survei lapangan tahap pertama atas aset eks Pertamina yang digunakan oleh PT Pertamina Exploration and Production – Unit Bisnis  Exploratiaon and Production (EP UBEP) Tanjung. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 25 Juni 2012 s.d. 7 Juli 2012. Jumlah aset yang menjadi target Kanwil XII DJKN Banjarmasin dalam pelaksanaan kegiatan IP kali ini berjumlah 2.065 item. Dalam tahap pertama ini capaian kegiatan inventarisasi dan survei lapangan telah mencapai 78,93% dari keseluruhan total aset.

Kegiatan IP dimulai dengan pertemuan dan koordinasi antara Tim IP Kanwil XII DJKN Banjarmasin dengan pihak PT Pertamina EP UBEP Tanjung. Pimpinan PT Pertamina EP UBEP Tanjung menyambut dan menyampaikan selamat datang kepada Tim IP dan berharap dapat memberikan support terbaik untuk menyelesaikan kegiatan inventarisasi dan penilaian aset eks Pertamina. Selanjutnya untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan survei lapangan Tim IP dan personil PT Pertamina EP UBEP Tanjung menyusun pembagian objek/aset berdasarkan sebaran lokasi aset serta fungsi pada masing-masing bagian di internal PT Pertamina EP UBEP Tanjung. Mengingat jumlah aset yang cukup banyak serta sebaran lokasi yang meliputi wilayah Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan hingga Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (Long Ikis dan Penajam) Provinsi Kalimantan Timur, maka Tim IP dan Personil PT Pertamina EP UBEP Tanjung membagi personil dalam kelompok kecil atau sub tim dengan jumlah personil masing-masing sub tim 2 sampai 3 orang.

Pembagian tugas  dilakukan dengan harapan pelaksanaan survei lapangan dapat berjalan lancar serta tidak menghambat proses pekerjaan/rutinitas pada PT Pertamina EP UBEP Tanjung. Kendala-kendala yang menghadang tugas Tim IP antara lain terkait data aset yang menjadi acuan objek IP belum sepenuhnya valid ditambah lagi dengan petugas pendamping yang tidak mengetahui mengenai objek dan keberadaannya serta kendala kondisi dan lokasi objek yang tidak dapat dijangkau dengan sarana kendaraan. Tim IP bersama dengan Personil PT Pertamina EP UBEP Tanjung tetap berusaha untuk menyelesaikan kegiatan survei lapangan hingga akhir masa penugasan. Terhadap aset yang hingga akhir penugasan belum dapat diidentifikasi karena belum ditemukan akan diupayakan lebih lanjut oleh pihak PT Pertamina EP UBEP Tanjung untuk ditelusuri keberadaannya.

Pada kesempatan akhir exit meeting dengan pihak PT Pertamina EP UBEP Tanjung, Tim IP Kanwil XII DJKN Banjarmasin menyampaikan progress kegiatan survei lapangan dengan capaian sebagai berikut:

Atas capaian tersebut Pimpinan PT Pertamina EP UBEP Tanjung mengucapkan terima kasih kepada Tim IP dan personil pendamping dari PT Pertamina EP UBEP Tanjung yang telah berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan kegiatan inventarisasi dan survei lapangan. Selanjutnya hasil capaian kegiatan inventarisasi dan survei lapangan pada tahap pertama ini akan dilakukan evaluasi untuk bahan persiapan dan perbaikan dalam kegiatan inventarisasi dan survei lapangan pada tahap berikutnya.

Selanjutnya Tim IP BMN Aset Eks Pertamina Kanwil XII DJKN Banjarmasin akan melakukan proses penilaian wajar terhadap objek/aset yang ditemukan. Laporan Hasil Pelaksanaan IP BMN Eks Pertamina pada Pertamina EP Unit Bisnis Tanjung akan disusun sesuai dengan pedoman penyusunan laporan IP. Laporan dimaksud akan ditandatangani oleh kedua pihak yaitu Kanwil XII DJKN Banjarmasin dan PT Pertamina EP Unit Bisnis Tanjung.

Pelaksanaan kegiatan IP tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan September 2012 terhadap sisa aset sebanyak 424 unit yang belum ditemukan pada tahap pertama. Kanwil XII DJKN Banjarmasin telah meminta kepada PT Pertamina EP UBEP Tanjung untuk mengidentifikasi dokumen sumber, fisik, serta lokasi aset, dan diharapkan PT Pertamina EP UBEP Tanjung dapat melakukan identifikasi aset yang belum ditemukan tersebut hingga akhir bulan Agustus 2012. (Suwarjono, Staf Bidang Penilaian Kanwil XII DJKN Banjarmasin)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini