Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Dukung Go Green dengan Hemat Penggunaan Kertas

Jum'at, 01 Maret 2013 pukul 16:47:31   |   5804 kali

Palangkaraya - Provinsi Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi yang memiliki wilayah kawasan hutan yang luas dan termasuk salah satu paru-paru dunia. KPKNL Palangka Raya yang wilayah kerjanya sebagian besar juga merupakan kawasan hutan tentunya perlu mendukung berperan serta dalam kegiatan pelestarian hutan agar Bumi Kalimantan tetap hijau.  Untuk itulah sejak tahun lalu, Kepala KPKNL Palangka Raya mencanangkan gerakan Go Green on KPKNL Palangka Raya. Gerakan Go Green sampai saat ini terus digalakkan dan pelaksanaannya dikoordinir oleh Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palangka Raya.

Gerakan Go Green ini bukan hanya slogan atau sekedar hiasan poster saja, namun  sudah merupakan tindakan nyata yang terus dibudayakan, antara lain:

-penanaman dan pemeliharaan tanaman yang telah ada. Kegiatan ini secara langsung juga akan memperindah lingkungan halaman kantor;

-penghematan energi dan penggunaan air;

-pemasangan poster/himbauan gerakan go green; dan

-penghematan penggunaan kertas.

Salah satu kegiatan dalam rangka go green yang paling mudah dilakukan adalah hemat penggunaan kertas dan ini memberikan kontribusi cukup besar dalam rangka menjaga bumi agar tetap hijau. Sebagaimana diketahui, bahwa bahan baku utama kertas adalah pohon/kayu, untuk dapat diolah menjadi kertas diperlukan pohon dengan usia 5-10 tahun. Setiap hari kertas diproduksi dan digunakan, sementara penanaman pohon belum tentu setiap hari dilakukan, belum lagi jangka waktu penanaman sampai dengan tanaman siap untuk ditebang memakan waktu puluhan tahun.  


Seiring dengan pertambahan penduduk dan semakin kompleksnya jenis kebutuhan hidup manusia tentunya kebutuhan terhadap kertas juga akan semakin meningkat sementara jumlah lahan yang dapat ditanami pohon semakin berkurang, kondisi tersebut perlu disikapi dengan tindakan-tindakan yang bijak, antara lain dengan penghematan kertas dan penggunaan kertas secara bijak atau bisa juga dengan memanfaatkan kertas bekas untuk produk-produk yang bermanfaat yang secara tidak langsung juga akan turut menyelamatkan/mengurangi penebangan pohon.

“Apabila dapat mengolah ulang 1 ton kertas kertas, berarti dapat menghemat 7000 galon air, menyelamatkan 20 pohon, mencegah polusi udara, juga menghemat pemakaian listrik rumahan selama 6 bulan,” (www.goinggreentoday.com).

Langkah-langkah yang telah ditempuh KPKNL Palangka Raya guna menerapkan penggunaan kertas secara bijak antara lain melalui penerapan kebijakan dan himbauan kepada pegawai diantaranya:

a.    Pencetakan dokumen dilakukan hanya setelah dipastikan tidak ada kesalahan ketik/penulisan atau pun kesalahan materi melalui proses penelitian ulang, selanjutnya memastikan setting dokumen dan kertas yang tepat, sehingga dokumen yang tercetak adalah baik dan benar sesuai yang diinginkan;

b.    Mencetak dokumen hanya sejumlah yang diperlukan, sehingga tidak ada dokumen berlebih;

c.    Pembuatan e-book, kumpulan peraturan-peraturan dibuat dalam format pdf dan disimpan di harddisk sehingga lebih ringkas dan tidak memerlukan tempat/ruangan penyimpanan. Dengan demikian, proses pencarian kembali sebuah dokumen akan lebih mudah dilakukan.

d.    Pencatatan Buku-buku agenda (SPPNL, SPPNS, PSBDT, Register Lelang, dll) dilakukan secara elektronik, sehingga selain lebih efisien juga memudahkan dalam pencarian kembali sebuah data.

e.    Apabila dalam pembuatan dokumen tidak dipersyaratkan adanya keharusan penggunaan jarak baris tertentu, maka gunakan jarak baris 1 (satu)/single space line dan setting halaman secara tepat, sehingga dapat menghemat jumlah halaman.

f.     Tidak membuang kertas/dokumen yang salah cetak, kertas/ dokumen yang salah cetak dimanfaatkan lagi untuk membuat produk-produk lainnya, misalnya pencetakan konsep surat, dibuat notes/buku corat-coret, atau bahkan dimanfaatkan untuk cover buku/hard cover.

Nah, mulai sekarang mari gunakan kertas secara bijak dan hemat penggunaannya!(Cahyo Windu Wibowo – KPKNL Palangkaraya)

    

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |