Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Evaluasi Triwulan I Tahun 2014
N/a
Senin, 28 April 2014 pukul 17:08:13   |   934 kali

Ciater - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Semester I tahun 2014 pada 15–17 April 2013 di Ciater-Subang. Acara yang bertajuk “Dengan Semangat Transformasi Kelembagaan Kita Tingkatkan Kinerja Kanwil DJKN Jawa Barat Tahun 2014” tersebut diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari para kepala bidang/kepala bagian, kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), kepala seksi dan beberapa orang pelaksana di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat.

Dalam pembukaan Rakorda, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Sapto Mintarto menyampaikan bahwa transformasi kelembagaan sebagaimana telah dicanangkan oleh pimpinan Kementeriaan Keuangan dan DJKN, merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang mengarah pada suatu perubahan yang menyeluruh baik dari sisi organisasi maupun sumber daya manusia terutama terkait dengan suatu model pelayanan, oleh sebab itu Kanwil dan KPKNL harus mampu memberikan kontribusi positif dalam mengantisipasi perubahan tersebut. Kontribusi positif dapat dilakukan dengan cara memberikan masukan terkait solusi permasalahan di lapangan, sehingga Kantor Pusat mampu membuat peraturan yang solutif, sedangkan peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan melalui in house training, capacity building dan lain-lain.

Lebih lanjut Sapto mengatakan Rakorda kali ini berbeda karena dilaksanakan pada Triwulan I. Hal ini dimaksudkan guna evaluasi kinerja pada triwulan I tahun 2014 dan upaya mengantisipasi serta mencari solusi untuk pencapaian target yang telah ditetapkan terutama untuk tugas fungsi yang dibatasi waktu penyelesaiannya, seperti kegiatan pelimpahan BKPN sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168 Tahun 2013 yang harus diselesaikan pada Semester I Tahun 2014, kegiatan sertipikasi tanah pemerintah, dan pemanfaatan BMN. Dalam kesempatan yang sama Sapto menambahkan, capaian kinerja organisasi yang tercermin dalam Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Kanwil DJKN Jawa Barat sampai dengan triwulan I tahun 2014 sebesar Rp117,71%, secara umum telah berstatus hijau, kecuali IKU untuk pokok lelang.

Acara Rakorda dilanjutkan dengan pembahasan evaluasi capaian kinerja triwulan I tahun 2014 berikut permasalahan & kendala yang dihadapi serta action plan menghadapi permasalahan & kendala yang dipaparkan oleh Kepala Bagian Umum, masing-masing Kepala Bidang & para Kepala KPKNL. Pada Rakorda kali ini, Kanwil DJKN Jawa Barat mengundang Balai Dilkat Keuangan Cimahi untuk memberikan sosialisasi Effective Meeting guna membekali para peserta mengenai pentingnya meeting yang efektif untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi.

Pada hari ketiga pelaksanaan Rakorda, Kepala Kanwil mengajak seluruh peserta rapat untuk berolahraga bersama yang diselingi dengan game sehingga suasana menjadi semangat dan ceria, dilanjutkan dengan pembacaan butir-butir Rakorda oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI). “Kanwil DJKN Jawa Barat selain menjalankan tusi dengan baik juga dapat menunjukan eksitensinya di daerah, bekerjasama dengan pemda dan bisa berperan membantu inventarisasi BMD, penilaian BMD maupun lelang aset-aset BMD” ujar Sapto saat menutup Rakorda. (Yuantha A – Bidang KIHI Kanwil Jabar).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini