Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Penyegaran Penilaian Sumber Daya Alam di Bandung
N/a
Jum'at, 07 September 2012 pukul 15:55:44   |   7732 kali

Bandung - Dalam rangka mengoptimalkan sumber daya alam yang merupakan salah satu kekayaan yang dikuasai negara, perlu dilakukan pengelolaan secara baik dan akuntabel. Sumber daya alam meliputi semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi, yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Workshop yang diadakan di Bandung ini dihadiri oleh Direktur Penilaian I.B. Aditya Jayaantara, Kepala Kanwil VIII DJKN Bandung M. Djalalain, Kepala Subbidang Penilaian Sumber Daya Alam (SDA) Kurniawan Nizar, Para Kepala Seksi SDA, diikuti oleh 33 peserta dari Kanwil DJKN.   

Kakanwil Bandung M.Djalalain menyampaikan bahwa penilaian merupakan salah satu tugas dan fungsi DJKN yang penting selain pengurusan piutang negara, pelayanan lelang, dan pengelolaan kekayaan negara. Di dalam pengelolaan kekayaan negara, ia menjelaskan bahwa kekayaan negara dikategorikan menjadi kekayaan negara yang dimiliki, potensial, tangible, dan intangible. Dari aset yang ada, maka dapat diketahui nilai aset itu ada dua, yakni nilai perolehan dan nilai wajar.

Jadi, jelasnya, penilaian itu merupakan bagian penting dari pengelolaan kekayaan negara. “Karena pentingnya penilaian, maka diperlukan pelatihan seperti ini secara continue. Setelah mengikuti workshop ini, Djalalain berharap agar para peserta tidak hanya menambah pengetahuan dari sisi teori saja, namun harus diaplikasikan dalam penilaian di lapangan. “Kalau semua itu diaplikasikan, saya yakin anda akan menjadi penilai yang berkualitas,” imbuh pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kanwil XIV DJKN Denpasar ini.

    

Selanjutnya, Direktur penilaian I.B. Aditya Jayaantara menyampaikan selamat datang kepada peserta penyegaran penilaian SDA. Direktur berharap para penilai DJKN dapat memahami penilaian SDA berupa mineral dan hayati secara konsep atau teori dan best practice, serta dapat menghasilkan nilai yang lebih cermat dan dapat dinilai wajar oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait opini disclaimer terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).

     

Di sela–sela coffee break, kami mewawancari salah satu peserta dari Kanwil XVI DJKN Manado, Emmy Adikusumo. Wanita kelahiran Manado ini sangat senang dengan diadakannya penyegaran ini. Selepas diklat, Emmy juga bercerita kepada Humas DJKN bahwa dirinya akan membagikan oleh-oleh ilmu pengetahuan dari penyegaran ini kepada rekan-rekannya di kantor. "Seperti biasa, kami sharing knowledge usai mengikuti kegiatan apapun," pungkasnya.

    

Workshop yang digelar dari tanggal 4-7 September 2012 di Hotel Carrcadin Bandung ini akan mengupas tuntas mengenai materi antara lain:

  1. Metode penilaian SDA energi mineral
  2. Metode penilaian SDA hayati
  3. Penyiapan laporan penilaian
  4. Presentasi laporan penilaian
  5. Penyiapan dan presentasi laporan penilaian.

(Risma-Achie/Humas DJKN)

§  Met


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini