Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Parepare: Donor Itu Gaya, Donor Itu Sehat, Ibadah, dan Cinta
N/a
Senin, 17 September 2012 pukul 07:51:01   |   1961 kali

Parepare - Darah merupakan materi biologis yang hidup dan belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Artinya, ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya.  Banyak manfaat yang dapat diberikan melalui kegiatan sosial seperti donor darah. Di samping membantu korban bencana atau pasien dengan penyakit tertentu yang memerlukan tranfusi darah, si pendonor juga memperoleh manfaat, antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan psikologis, dan mendeteksi penyakit melalui tes darah dasar (mini medical check up).

Indonesia membutuhkan 4,6 juta kantong darah setiap tahunnya. Diperkirakan setiap delapan detik ada satu orang yang memerlukan transfusi darah karena berbagai sebab. Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan dalam rangka memberikan nilai tambah (value added) atas capaian kinerja semester I/2012, pada tanggal 6 September 2012, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare melalui Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Parepare melaksanakan program Government Social Responsibility (GSR) sebagai perwujudan salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu kesempurnaan, berupa aksi donor darah. Selain sebagai sarana untuk beribadah, kegiatan donor darah ini juga merupakan gaya hidup sehat yang dapat menyelamatkan hidup orang lain.

  

Alquran surat Al-Maidah ayat 2 menyebutkan "...dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran...”. Menurut Arip Budiyanto, salah satu staf KPKNL Parepare yang menjadi salah satu pendonor, donor darah dilihat dari kaca keagamaan sangatlah mulia dan merupakan satu ibadah yang tak ternilai harganya, ibadah itu bukan hanya sholat dan puasa, menyenangkan hati orang itu ibadah dan itu sangat disenangi oleh Allah swt. termasuk apabila kita menolong orang lain itu juga ibadah.

  

 “Setiap pendonor adalah pahlawan. Ini kerja sama yang sangat baik dan semoga ini dapat jadi program rutin yang dapat mewujudkan misi  PMI, yakni rakyat tidak sakit” kata Hasliani, Pejabat Bagian Admin UDD PMI Parepare. (Ashadi - Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Parepare)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini