Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Finalisasi Penyusunan Kontrak Kinerja dan Optimalisasi Pencapaian Target Kinerja Tahun 2014
N/a
Kamis, 30 Januari 2014 pukul 11:05:27   |   652 kali

Cipanas - Mengawali tahun 2014, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta mulai menunjukkan geliat fokus dalam rangka optimalisasi pencapaian target kinerja Tahun 2014 dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Semester I Tahun 2014 bertempat di Villa Saung Nini - Taman Bunga Nusantara, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat pada 23 s.d. 25 Januari 2014.

Acara Rakorda bertajuk “Finalisasi Penyusunan Kontrak Kinerja dan Optimalisasi Pencapaian Target Kinerja Tahun 2014” ini dibuka resmi oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Try Intiaswati. Agenda Rakorda adalah untuk melakukan finalisasi penyusunan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three, Kemenkeu-Four, dan Kemenkeu-Five di lingkungan Kanwil DKN DKI Jakarta sebagai tindak lanjut penandatanganan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Two Tahun 2013 oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta dan Direktur Jenderal Kekayaan Negara pada 21 Januari 2014.

Dalam sambutan dan arahannya, Kakanwil menyampaikan bahwa Rakorda ini sangat penting sebagai langkah awal dalam menentukan fokus dan arah pencapaian target kinerja tahun 2014. Kakanwil menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan sinergi yang terjalin antara Bagian/Bidang di Lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta dengan KPKNL Jakarta I s.d. V sehinga Kanwil DJKN DKI Jakarta berhasil meraih Nilai Kinerja Organisasi yang sangat baik yakni mencapai 114,89%. “Pencapaian NKO yang sudah sangat baik di tahun 2013 ini, mari kita tingkatkan lebih baik lagi di tahun 2014”, pesan Try.

Lebih lanjut Kakanwil menegaskan bahwa target Tahun 2014 untuk Kemenkeu-Two Kanwil DJKN DKI Jakarta terdapat IKU-IKU yang membutuhkan perhatian yakni Jumlah Penerimaan Negara dari Piutang Negara dan Lelang sebesar Rp73,70 miliar, Jumlah PNDS senilai Rp312 miliar, Pokok Lelang Rp3,19 triliun, dan Utilisasi Kekayaan Negara Rp 939 miliar, serta Persentase Penyerapan Anggaran dan Pencapaian Output Belanja dengan target 95%.

Terhadap target tahun 2014 tersebut, Ibu yang sebelumnya menjabat Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau ini, mengharapkan Bagian/Bidang di Lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta dan KPKNL Jakarta I s.d. V membuat perencanaan yang baik dan tepat terhadap pelaksanaan tugas terkait penyerapan anggaran, tidak menumpuk di akhir tahun anggaran, dan perencanaan pencapaian target kinerja, terutama sumber-sumber penerimaan PNDS, Biad PPN, pokok lelang, bea lelang, dan utilisasi kekayaan negara. “Semangat kita pada tahun 2014 adalah kita selesaikan tugas dan kewajiban kita dengan penuh tanggung jawab, dan fokus terhadap perencanaan-perencanaan yang sudah dibuat, tidak ada lagi bekerja di luar jalur, dengan tetap menjaga hati kita agar tercipta suasana kerja yang nyaman”, ujar Try mengakhiri sambutan dan arahannya.

Acara selanjutnya adalah pelaksanaan Sosialisasi mengenai Leadership, yang dibawakan oleh narasumber Sampurna Budi Utama, Widyaiswara Madya pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sampurna memaparkan tema yang sangat menarik yakni menjadi pemimpin yang bernilai, dimana inti dari pemaparannya adalah hendaknya kita selalu berusaha untuk tidak hanya menjadi pemimpin yang sekedar sukses, tetapi juga bernilai, yakni menjadi pemimpin yang bernilai di mata Allah, keluarga, kolega dan bawahan, serta di dunia dan akhirat. Sampurna memaparkan pula tentang bagaimana pola-pola Adversity Quotient (AQ) individu yang pertama kali dikemukakan oleh Paul G. Stoltz, yaitu Quitters (orang yang takut mencoba, gampang putus asa dan menyerah di tengah jalan), Campers (orang yang tidak mencapai puncak, tetapi sudah puas dengan apa yang telah dicapai), dan Climbers (orang yang selalu optimis dan berpikiran positif, tidak pernah menyerah, terus melangkah, selalu melihat harapan, dan selalu menetapkan sasaran-sasaran baru dalam kehidupan, serta berjuang sampai akhirnya mencapai puncak). “Marilah kita menjadi orang yang memiliki prinsip kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas untuk menjadi pemimpin yang bernilai”, pesan Sampurna mengakhiri pemaparannya.

Usai sosialisasi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three Tahun 2014 di Lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta, oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta dan Kepala Bagian/Bidang di Lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta serta Kepala KPKNL Jakarta I s.d. V, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three Tahun 2014 yang telah ditandatangani oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta kepada Kepala Bagian/Bidang di Lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta serta Kepala KPKNL Jakarta I s.d. V. Selanjutnya ditandatangani pula Kontrak Kinerja Kemenkeu-Four dan Kemenkeu-Five Tahun 2014 oleh Pejabat Eselon IV dan Pelaksana yang hadir dalam acara Rakorda ini.

Setelah acara penandatanganan dan penyerahan Kontrak Kinerja Kemenkeu-Three, Kemenkeu-Four, dan Kemenkeu-Five Tahun 2014, Kakanwil berpesan agar kontrak kinerja yang telah ditandatangani ini dilaksanakan dengan fokus dan penuh tanggung jawab demi tercapainya target tahun 2014. “Agar semua pejabat dan pegawai saling bekerja sama, bekerja keras dan bekerja dengan hati, serta dilandasi prinsip Kedisiplinan, Keterbukaan, dan Kebersamaan sehingga mendukung pencapaian kinerja yang lebih baik lagi”, pungkas Try. (Teks : Harry Budiarto; Foto : Masridha Goiya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini