Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kakanwil DJKN DKI Jakarta: Tingkatkan Kinerja Tahun 2014, Siasati Dengan Langkah dan Strategi Yang Baik
N/a
Kamis, 16 Januari 2014 pukul 12:46:21   |   837 kali

Jakarta – Pagi itu, dibalut cuaca yang cerah nan hangat, pendopo Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta, Jalan Prapatan Nomor 10, Jakarta Pusat menjadi saksi berlangsungnya acara bertajuk Kick Off  Meeting pengarahan Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Kanwil Jakarta pada 10 Januari 2014. Acara yang mengambil tema “Bersinergi dalam Mencapai Target Kinerja Tahun 2014 dan Berkomitmen dalam Memberikan Pelayanan Terbaik” ini digelar untuk seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I - V ini merupakan agenda acara rapat pertama kali mengawali tahun 2014, yang dirangkai sekaligus dengan pisah sambut pejabat eselon III di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Acara yang berlangsung dalam suasana penuh kebersamaan dan kekeluargaan ini dibuka dengan sambutan dan arahan oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Try Intiaswati. Kakanwil menyampaikan makna dari acara ini yakni ungkapan puji syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan Kanwil DJKN DKI Jakarta meraih Nilai Kinerja Organisasi (NKO) 112,22% di tahun 2013.  “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja kerasnya dan mari kita tingkatkan kinerja di tahun 2014 ini,” ujar kakanwil. Ia mengharapkan agar kinerja tahun 2014 dapat lebih meningkat dari tahun 2013 dengan capaian NKO minimal 114%. “Semua pejabat dan pegawai harus bersinergi dan bekerja keras untuk mencapai apa yang menjadi tujuan organisasi,” lanjutnya.

Ia menyampaikan juga tentang pejabat eselon III yang mengalami mutasi dari dan ke lingkungan Kanwil DJKN Jakarta serta pejabat eselon IV yang mengalami promosi. Dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 1122 Tahun 2013 tentang Mutasi dalam Jabatan Eselon III di Lingkungan Kementerian Keuangan, terdapat 49 pejabat eselon III di lingkungan DJKN yang mengalami mutasi maupun promosi, termasuk di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Pejabat eselon III yang masuk di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta adalah Aceng Machmud sebagai kepala bagian umum sebelumnya menjabat Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Khosim sebagai Kepala KPKNL Jakarta I sebelumnya menjabat Kepala KPKNL Jakarta II, dan Ekka Sri Sukadana sebagai Kepala KPKNL Jakarta II sebelumnya menjabat Kepala Subdirektorat Kekayaan Negara Lain-Lain I Direktorat Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-Lain.

Sedangkan pejabat eselon IV yang mengalami promosi  menjadi pejabat eselon III adalah Heru Riyanto sebagai Kepala KPKNL Biak sebelumnya menjabat Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Jakarta V dan Kurniawan Catur Andrianto sebagai Kepala KPKNL Gorontalo sebelumnya menjabat Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Jakarta V. Adapun pejabat eselon III yang mengalami mutasi keluar dari Kanwil DJKN DKI Jakarta adalah Sigit Prasetyo Nugroho sebagai Kepala KPKNL Serpong yang sebelumnya menjabat sebagai kepala bagian umum sekaligus merangkap jabatan sebagai Plt. Kepala KPKNL Jakarta I.

“Apapun yang sudah kita terima merupakan suatu bentuk kepercayaan dan amanat bagi kita semua untuk bisa bekerja lebih keras lagi mencapai apa yang kita harapkan di tahun 2014”, pesan Try. Lebih lanjut, kakanwil menyoroti tentang target tahun 2014 dimana banyak perubahan-perubahan signifikan yang harus dihadapi. Perubahan signifikan yang dimaksud adalah dengan adanya pengembalian Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN), maka kanwil dan KPKNL harus mengusulkan target sesuai dengan kondisi yang ada saat ini dengan memperhitungkan pengembalian BKPN. “Tingkatkan kinerja tahun 2014, siasati dengan langkah dan strategi yang baik,” tegas wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau ini. Tak lupa, kakanwil memberikan arahan terhadap semua bagian/bidang di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta terkait tantangan yang harus dihadapi di tahun 2014.

Menyikapi pengalaman pada tahun 2013 dimana banyak kegiatan yang menumpuk di akhir tahun, alumnus Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung ini mengharapkan kepada para pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta dan KPKNL Jakarta I - V untuk tahun 2014 ini agar membuat pemetaan seluruh tugas dan fungsi, membuat perencanaan yang tepat berdasarkan efektivitas dan efisiensi, melakukan pemantauan pelaksanaan tugas, melakukan pengawasan terhadap staf/pegawai, dan membuat evaluasi serta pelaporan pelaksanaan tugas. “Dengan demikian, maka kegiatan kita akan menjadi lebih terarah dan memudahkan dari sisi pemantauan serta penggunaan anggaran,” tuturnya.

Mengakhiri sambutan dan arahannya kepada pejabat eselon III yang masuk di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta, kakanwil mengucapkan selamat bergabung dan berharap agar segera mempelajari seluruh potensi yang ada di unit masing-masing serta terus memupuk sinergi dan integritas tinggi dengan dilandasi semangat kedisiplinan, keterbukaan, dan kebersamaan yang merupakan motto dari kakanwil. Try mengingatkan bahwa bukan hal mudah bekerja di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta yang memiliki target paling tinggi secara nasional sehingga membutuhkan kerja keras dan sinergi antara pejabat dan pegawai.

bagi pejabat eselon III yang mengalami mutasi keluar dari Kanwil DJKN DKI Jakarta dan pejabat eselon IV yang mendapatkan promosi pejabat eselon III, kakanwil menghimbau agar di tempat tugas yang baru dapat membawa hal-hal baik selama berkarya di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta, dan dapat menjadi contoh yang baik pula di tempat tugas yang baru. Seusai sambutan dan arahan, acara pisah sambut pejabat eselon III diisi dengan pesan dan kesan oleh pejabat eselon III yang mengalami mutasi dari dan ke lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta serta pejabat eselon IV yang mendapatkan promosi menjadi pejabat eselon III. (Harry Budiarto; Foto: Goiya/OD/edited/pandu/bas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini