Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Penilaian Kantor Pelayanan Percontohan KPKNL Padang
N/a
Senin, 30 September 2013 pukul 16:02:35   |   1196 kali

Padang – SDM (sumber daya manusia – red) yang dimiliki Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang dioptimalkan sedemikian rupa untuk berupaya menjadi yang terbaik dan bersaing menuju jajaran birokrasi yang profesional, kompeten dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pemangku kepentingan serta memiliki integritas yang tinggi dari semua unit kerja terkait,  demikian sambutan Teguh Wiyono, mewakili Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara saat kegiatan penilaian Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) di KPKNL Padang pada Kamis 19 September 2013 bertempat di KPKNL Padang. Kegiatan penilaian KPPc Kementerian Keuangan merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan  dalam rangka melaksanakan evaluasi kinerja pelayanan publik dan memberikan penghargaan terhadap kantor yang telah memberikan pelayanan prima.

KPKNL Padang adalah salah satu KPPc di lingkungan DJKN yang bersaing dengan KPKNL Pekalongan dan KPKNL Palangkaraya untuk memperoleh predikat Kantor Pelayanan terbaik di DJKN. Bertindak sebagai tim penilai dalam kegiatan tersebut adalah Ilhamsyah (Kepala Biro Perlengkapan), M. Arief Setiawan  (Wakil Sekretaris Pengadilan Pajak) dan Regina Maria Wiwieng Handayaningsih Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Propinsi Riau). Hadir juga dalam acara tersebut adalah Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)  Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), Lukman Effendi, Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil RSK, Kepala Bagian Umum Kanwil RSK Miftahul Huda, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi Syukriah HG dan Kepala Bagian Umum Kantor Pusat Partolo.

Setelah mendengarkan sambutan dari Teguh Wiyono acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ilhamsyah selaku ketua tim penilai. Ilhamsyah memaparkan, penyediaan pelayanan pemerintah harus difokuskan kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat baik secara kualitas maupun kuantitas sebagai upaya memberikan kepuasan masyarakat. Mengingat kepuasan masyarakat merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pelayanan yang diberikan pemerintah. Dalam rangka memajukan dan mengantisipasi serta memastikan kualitas pelayanan publik kantor-kantor pelayanan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) perlu dilakukan penilaian terhadap kinerja kantor-kantor tersebut.

Harapan dari penilaian kantor pelayanan ini adalah pertama, memberikan apresiasi kepada kantor pelayanan yang telah menunjukkan dan membuktikan kinerja pelayanan terbaik, kedua memotivasi aparat dari kantor pelayanan di Kemenkeu untuk terus berupaya memperbaiki kinerja pelayanan dan ketiga memacu aparatur kantor pelayanan di luar Kemenkeu untuk terus memperbaiki kinerja pelayanan. KPKNL Padang sebagai instansi vertikal DJKN merupakan ujung tombak dalam memberikan layanan bidang pengelolaan kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. “Namun kinerja pelayanan tersebut tentunya tidak ditunjukkan dalam event ini saja tetapi menjadi suatu kebiasaan/habit dalam melaksanakan tugas dan kami percaya hal tersebut telah diterapkan di KPKNL Padang,” papar Ilhamsyah saat mengakhiri sambutannya.

Kelapa KPKNL Padang Surya Hadi memaparkan, KPKNL Padang memiliki moto R.A.N.C.A.K (Ramah, Amanah, Nyaman, Cerdas, Akurat, dan Kesempurnaan) yang dalam bahasa daerah Sumatera Barat berarti bagus atau sempurna. Moto tersebut diambil dari Nilai-nilai Kementerian Keuangan sehingga sejalan dan mendukung penerapan nilai-nilai tersebut. Surya Hadi melanjutkan, dalam 3 (tiga) tahun terakhir Nilai Kinerja Organisasi (NKO) dari KPKNL Padang selalu di atas 100% dan untuk tahun 2013 sampai bulan Agustus KPKN Padang telah memperoleh NKO 104,7%. Selain prestasi tersebut dalam mewujudkan kinerja pelayanan yang tinggi KPKNL Padang memiliki 2 (dua) produk unggulan, yaitu Tim Keliling Terpadu Pelayanan Kekayaan Negara (TKPKN) dan Data Akses Terpadu Padang (Datuk Padang).

TKPKN adalah layanan di mana KPKNL Padang secara langsung berkeliling mendatangi Satker di luar Kota Padang. Dengan menggunakan mobil dinas yang secara khusus untuk kegiatan ini KPKNL Padang “jemput bola” ke satker di wilayah kerjanya untuk membentu memberkan layanan pengelolaan kekayaan negara.  Datuk Padang adalah situs yang menjadi sarana penerimaan pengaduan dan konsultasi bagi seluruh satker di wilayah kerja KPKNL Padang. Situs ini selain memberikan informasi terkini tentang profik kantor dan Standard Operating Procedure (SOP) KPKNL Padang, juga memberikan layanan konsultasi melalui surat elektronis (e-mail), chatting dan video conference melalui akun Skype.

Proses selanjutknya ada pertanyaan dari Tim Penilai, salah satu dari anggota tim penilai meminta pegawai KPKNL Padang untuk menjabarkan apakah sosialisasi RANCAK dan sharing knowledge di KPKNL Padang sudah berjalan dengan efektif dan dapat memotivasi seluruh pegawai. Alam pegawai di Subbagian Umum menjawab permintaan tersebut, “Saya sebagai pegawai paling junior sangat merasakan dedikasi dan bantuan dari teman-teman untuk mendapat informasi baik formal dan informal tentang SOP dan hal-hal terkait di subbagian umum dan moto RANCAK menjadi panduan bagi saya untuk bekerja dan melangkah,” ujarnya. Pada tempat yang sama seluruh stake holder mengungkapkan bahwa KPKNL Padang bekerja dengan luar biasa, berpegang teguh kepada SOP dan sangat anti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, baik dalam layanan pengelolaan kekayaan negara, piutang negara dan lelang.

Dalam sambutannya, Lukman Effendi selaku Kepala Kanwil RSK mengatakan “Saya sempat tercekam dengan pertanyaan-pertanyaan tim penguji yang sangat tajam, namun Alhamdulillah dapat dijawab dengan baik, untuk itu saya ucapkan terima kasih.” ungkapnya. Seluruh kegiatan ini bukan rekayasa tetapi memang sudah menjadi habit di KPKNL Padang dari kepala kantor sampai dengan pegawai yang paling junior. Dua program unggulan KPKNL Padang bukan merupakan produk akhir tetapi adalah modal kami untuk terus memberikan layanan terbaik bagi para pemangku kepentingan.

Acara penilaian selanjutnya adalah tinjauan tim penilai ke seluruh ruangan KPKNL Padang, mulai dari ruang berkas, ruang layanan bahkan kamar mandi. Kegiatan ini diakhiri dengan acara ramah tamah dan foto bersama. (humas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini