Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pengalaman Pertama KPKNL Banda Aceh Lelang Hewan Ternak
N/a
Jum'at, 27 September 2013 pukul 13:28:07   |   1300 kali

Banda Aceh - Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Sapi Aceh merupakan balai pembibitan dengan tupoksi utama pemeliharaan, produksi, pemuliaan, pengembangan, penyebaran dan distribusi bibit ternak unggul, serta produksi dan distribusi benih/pembibitan hijauan pakan ternak. Sapi-sapi yang dilelang kali ini tidak memiliki kriteria sebagai sapi unggul karena tidak memenuhi beberapa ketentuan, semisal warna kulit dan ciri-ciri fisik lain, sehingga sudah tidak sesuai dengan tupoksi dan perlu dihapus.

Sebelum lelang dilaksanakan, pada aanwijzing, para peserta dipersilahkan melihat kondisi sapi, didampingi dokter hewan dari BPTU. Ini sebagai salah satu bentuk transparansi dalam proses lelang. “Kami tidak ingin Bapak-Bapak yang hadir di sini merasa seperti membeli kucing dalam karung. Karena sapi-sapi dalam paket yang dijual memiliki berbagai macam karakteristik, antara lain usia dan bobot.”, demikian penjelasan drh Aulia Barus dari BPTU Sapi Aceh.

Pada kesempatan terpisah, Kepala BPTU Sapi Aceh, drh. Muchti menyatakan terima kasih atas kerjasama dan bantuan KPKNL Banda Aceh dalam proses penghapusan aset BPTU Sapi Aceh. Sebagai pengalaman pertama, tentu banyak terjadi kekurangan dalam pemenuhan berkas syarat administrasi, sehingga dari pengajuan penghapusan sampai dengan penjualan lelang hari ini memakan waktu yang cukup lama. “Memang kami masih dalam tahap belajar, namun untuk yang berikutnya kami sudah paham bagaimana bentuk persyaratan administrasi yang diperlukan untuk mengajukan penghapusan ini, sehingga diharapkan prosesnya cepat selesai.”

Pejabat lelang dari KPKNL Banda Aceh menyatakan objek lelang terjual setelah salah satu peserta menawarkan nilai penawaran tertinggi dan mengalahkan sebelas peserta lainnya. (Penulis: DP/NdM, Editor: Uun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini