Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DUKUNG RENCANA TERMINASI OLEH SKK MIGAS, KANWIL DJKN RIAU, SUMBAR, DAN KEPRI TUNTASKAN IP BMN KKKS PT. CPI BLOK SIAK
N/a
Selasa, 10 September 2013 pukul 16:21:25   |   1330 kali

Pekanbaru - Bertempat di kamp PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) Rumbai (3/9/2013) Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri (Kanwil DJKN RSK) menyelenggarakan Rapat Teknis Penandatanganan dan Serah Terima Berita Acara Inventarisasi dan Penilaian Barang Milik Negara (BMN) Lanjutan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT CPI Blok Siak Tahun 2013. Acara ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut pelaksanaan inventarisasi dan penilaian (IP) sebelumnya yang telah diselesaikan oleh Tim IP dari Kanwil DJKN RSK bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau. Hadir dalam acara tersebut Kepala Kanwil DJKN RSK Lukman Effendi, Kepala Perwakilan BPKP Propinsi Riau Mulyana, perwakilan Direktorat Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lainnya Tunggul Yunianto, jajaran pejabat dan staf dari  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), serta jajaran pejabat dan staf dari PT CPI Blok Siak.

Jumlah aset BMN KKKS keseluruhan di PT CPI Blok Siak mencapai 507 aset dengan nilai perolehan USD 20.207.869,00. Dari 507 aset tersebut telah selesai dilakukan IP BMN sebelumnya sebanyak 313 aset dengan nilai perolehan USD 13.097.085,00 atau Rp.111.900.361.695,00 dan nilai wajar Rp.50.705.031.293,00. Sisa 194 aset yang belum ditemukan sebelumnya dengan nilai perolehan USD 7.110.784,00 atau Rp.10.535.013.064,00 telah berhasil diselesaikan oleh Tim IP Kanwil DJKN RSK bekerjasama dengan perwakilan BPKP Provinsi Riau. Dari 194 aset yang di IP terdapat 143 aset yang dilakukan tagging di lapangan dan ditemukan 68 aset dalam kondisi rusak total, sedangkan terhadap 75 aset sisanya dilakukan penilaian dengan nilai wajar sebesar Rp.7.048.403.788,00, selain itu 51 aset yang teridentifikasi sebagai aset Formulir Usulan Pelepasan dan/atau penghapusan (FUPP) sehingga tidak dilakukan penilaian.

Dalam sambutannya, Lukman Effendi mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas terselesaikannya pelaksanaan IP BMN KKKS PT. CPI Blok Siak. “Alhamdulillah pada kesempatan ini kita dapat melakukan penandatanganan dan serah terima BA IP BMN Lanjutan KKKS PT CPI Blok Siak. Terimakasih atas kerjasama yang baik antara DJKN, BPKP, SKK Migas, Kementerian ESDM, dan PT CPI Blok Siak dalam menyelesaikan sisa IP BMN Lanjutan KKKS PT CPI Blok Siak sehingga dapat terselesaikan 100%. Diharapkan laporan hasil IP BMN ini akan lebih memudahkan untuk mengambil langkah kebijakan ke depan dalam mengelola aset negara khususnya yang ada di PT. CPI Blok Siak. Kanwil DJKN RSK berharap kerjasama ini akan terus berlanjut karena masih terdapat sisa aset PT CPI Blok Rokan yang perlu dilakukan IP BMN Lanjutan,” ungkapnya.

Pada kesempatan terpisah, Senior Vice President PT CPI Blok Siak Area Sumatera Bambang Pratesa menyampaikan komitmen yang tulus dan siap mendukung langkah pemerintah untuk melakukan pengelolaan aset BMN yang berada di area Blok Siak dan sekitarnya. “Kami mendukung sepenuhnya dan siap bekerjasama dengan DJKN, BPKP, Kementerian ESDM, dan SKK Migas dalam menuntaskan kegiatan Inventarisasi dan Penilaian BMN yang termasuk dalam aset KKKS. Kami selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan lingkungan. Apalah artinya produksi maksimal kalau tidak selamat dan sehat lingkungan. Hal ini sudah menjadi jiwa dalam hati segenap karyawan PT CPI. Ibarat mengontrak sebuah rumah, maka sudah menjadi kewajiban kami PT CPI untuk merawat dan mengembalikan aset yang ada pada saat nantinya diminta dengan kondisi seperti semula,“ pungkas Bambang. Demikan pula Supriyadi dari perwakilan BPKP Provinsi Riau dalam sambutannya menyatakan siap untuk terus bekerjasama dengan Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau dalam rangka mewujudkan target penyusunan LKPP yang Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK.

Semoga penandatanganan dan serah terima BA IP BMN KKKS PT CPI Blok Siak ini bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. Tim Inventarisasi dan Penilaian Kanwil DJKN RSK siap menyelesaikan IP BMN KKKS berikutnya. Selamat berkarya!

Penulis  : (Hartanto – Bid. Penilaian); Fotografer : (Deni Kurniawan – Bid. Penilaian)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini