Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KOIN MAS 2024-2025 Dimulai, Dirjen KN: Optimalkan Manfaat Sosial dan Ekonomi Aset Negara
Mutiara Maulidya Putri Djamali
Rabu, 20 Maret 2024 pukul 14:34:12   |   474 kali

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) selaku pengelola aset negara, selalu berupaya memberikan kontribusi yang luas kepada masyarakat. Salah satunya dengan menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Manajer Aset (KOIN MAS). Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban saat Kick Off KOIN MAS DJKN Tahun 2024-2025 pada Selasa (19/3) di Kantor Pusat DJKN, Jakarta.

"Sejak berjalannya secara periodik dari tahun 2020 para Tim KOIN dari seluruh Indonesia telah mengupayakan optimalisasi pengelolaan aset", ucap Rio.

 

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa perbaikan KOIN MAS dari tahun ke tahun menjadi stimulus ide-ide baru dalam upaya optimalisasi aset negara. Menurutnya, melalui ide-ide kreatif dan inovatif serta kolaborasi dengan berbagai pihak, kegiatan pengelolaan aset dapat memberikan dampak manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat.

 

"Kontribusi aset negara tidak hanya dilihat dari sumbangsih finansial yang diberikan bagi keuangan negara seperti PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak -red) atau cost saving.  Kontribusi aset negara juga dapat dilihat dari kemampuan aset tersebut dalam memberikan dampak positif melalui manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat dengan cakupan seluas-luasnya", jelasnya. 

 

Pada kesempatan tersebut, Rio berharap agar partisipasi dari seluruh Kanwil DJKN dan KPKNL semakin baik dari tahun sebelumnya dan memberikan manfaat yang lebih optimal. Hal ini juga disampaikan oleh Tenaga Pengkaji Optimalisasi Kekayaan Negara sekaligus Koordinator KOIN MAS DJKN 2024-2025, Nella Sri Hendriyetty, bahwa pihaknya akan memberikan bobot yang lebih besar kepada skema pemanfaatan yang lebih kompleks dan juga akan melihat keberlanjutan serta kontinuitas proyek. 

 

Pada kegiatan Kick Off KOIN MAS 2024-2025 juga dilakukan kegiatan sharing dari Grand Finalis KOIN MAS 2022-2023 yaitu KPKNL Singkawang dan KPKNL Metro. Sebelumnya, KPKNL Singkawang terpilih sebagai The Best Asset Manager KOIN MAS untuk Kategori Optimalisasi Aset pada Pengguna Barang, dengan judul projectnya adalah “Optimalisasi Barang Milik Negara berupa Tanah Underutilized pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singkawang untuk Pemberdayaan Pelaku UMKM di Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambat”. Sedangkan KPKNL Metro terpilih sebagai The Best Asset Manager KOIN MAS Implementasi Kategori Optimalisasi Aset Pada Pengelola Barang, dengan judul project “Pemanfaatan Aset Properti Eks Kelolaan PT PPA di Lampung Timur”.

 

(ke/ag/hb-humas)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini