Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Wamenkeu Apresiasi DJKN dan PERBALI Mengorkestrasikan Lelang Sukarela
Nanang Ansari
Sabtu, 27 Januari 2024 pukul 17:02:22   |   418 kali

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan apresiasinya kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bersama asosiasi Perkumpulan Balai Lelang Indonesia (PERBALI) dalam mengorkestrasikan lelang sukarela dengan objek lelang lukisan. Hal itu disampaikan Wamenkeu dalam sambutannya saat membuka acara lelang lukisan Puspawarna Nusantara di Gedung AA Maramis Jakarta, Sabtu (27/1).

 

Salah satu tugas DJKN adalah melaksanakan lelang, baik jenis lelang wajib maupun lelang sukarela. Orkestrasi yang dilakukan oleh DJKN dan PERBALI diharapkan mampu menambah pemahaman masyakarat tentang lelang. “Ada berbagai macam pemahaman tentang lelang di masyarakat kita. DJKN memiliki tugas untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang konsep lelang”, pesan Wamenkeu.

 

Gedung AA Maramis sebagai tempat pelaksanaan lelang, lanjut Wamenkeu. adalah salah satu gedung cagar budaya peninggalan Hindia Belanda. Pada tahun 2019, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan melakukan renovasi dan restorasi terhadap gedung yang memiliki nilai sejarah ini. “Sekarang kita jaga, kita gunakan bersama. Salah satunya untuk melakukan lelang atas barang seni seperti lukisan,” kata Wamenkeu.

 

Senada yang disampaikan oleh Wamenkeu, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban dalam kesempatan yang sama mengatakan pelaksanaan pameran dan lelang lukisan di Gedung AA Maramis merupakan salah satu cara mengenalkan aset negara. “Gedung ini milik Kementerian Keuangan yang baru selesai direnovasi yang saat ini berada dalam pengelolaan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)”, jelas Rionald.

 

Kegiatan lelang ini merupakan acara terakhir yang terangkai bersama pameran lukisan yang dibuka sejak tanggal 25 Januari 2024. Terdapat 61 lukisan yang dipamerkan dan 21 di antaranya yang dilelang. Lukisan-lukisan hasil karya beberapa pelukis yang dipamerkan dan dilelang tersebut berasal dari beberapa balai lelang yang bernaung dalam asosiasi PERBALI.

 

Rionald Silaban menambahkan, kegiatan lelang ini menjadi spirit yang membawa lelang tumbuh lebih baik. Pada tahun 2023, capaian kinerja lelang memecahkan rekor. “Pencapaian tahun 2023 PNBP dari lelang hampir satu triliun rupiah dan pokok lelangnya mencapai Rp44 triliun”, ungkap Rionald di akhir laporannya. (aa/bhk/as)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini