Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dirjen DJKN Setujui RJPP 2024-2028 dan RKAP 2024 PT SMI
Arista Putri
Rabu, 20 Desember 2023 pukul 11:29:39   |   357 kali

Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Negara Rionald Silaban mengesahkan secara sekaligus Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) Tahun 2024-2028 serta Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2024 PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI. Pengesahan tersebut dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang berlangsung pada Selasa, (19/12/2023).

 

Dalam RJPP Tahun 2024-2028, PT SMI menjabarkan penyesuaian Visi dan Misi Perseroan. Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad menyampaikan bahwa penyesuaian ini merupakan respon adanya perluasan mandat yang diberikan Pemerintah kepada PT SMI. Edwin memaparkan, dalam pilar strateginya, PT SMI berkomitmen untuk menjadi agen dalam mempercepat kemajuan pembangunan daerah di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, PT SMI juga berkomitmen untuk menjadi top player untuk pembiayaan dan investasi proyek swasta dan PPP (Public Private Partnership) dalam mendukung proyek strategis pemerintah serta menjadi akselerator & advisor yang terpercaya untuk pengembangan proyek, capacity building, pembiayaan dan investasi

 

"Peran PT SMI telah diperluas dari katalis menjadi agen pembangunan end-to-end, termasuk sebagai partner dan driver, sambil memprioritaskan keberlanjutan dan inovasi," ujarnya.

 

PT SMI menetapkan beberapa agenda besar pada RJPP Tahun 2024-2028 di antaranya dalam hal pembiayaan publik dengan memberikan dukungan aktif dalam meningkatkan demand pembangunan dan pembiayaan infrastruktur program daerah, serta meningkatkan kontribusi  dalam pembiayaan publik  dan daerah dengan memperluas coverage untuk seluruh klaster pemda.

 

Menanggapi pemaparan RJPP PT SMI tersebut, Dirjen Kekayaan Negara sebagai perwakilan Pemerintah selaku pemegang saham mayoritas PT SMI menyampaikan bahwa perseroan akan bertransformasi sebagai development financial institution, sehingga perlu melakukan upaya proaktif dalam membangun pipeline project pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Rio juga berpesan, agar PT SMI berfokus dalam menjalankan mandat sebagai katalis pembangunan nasional

 

"Saya berharap Perseroan agar selalu berupaya untuk menjadi the real institutional development melalui internalisasi nilai nilai dan work ethics, talent management, pengembangan leadership dan penerapan praktik " tegasnya. (rst/ angki)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini