Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Ngopi Santai dan FGD Pelelang “Melayani Lebih Baik”
Nadea Skandina Putri
Kamis, 07 Desember 2023 pukul 09:28:15   |   92 kali

Sejalan dengan upaya peningkatan pelayanan lelang kepada stakeholder, Direktorat Transformasi dan Sistem Informasi bekerja sama dengan Perkumpulan Pejabat Lelang Negara (PPLN) mengadakan acara Ngopi Santai dan FGD dengan tema “Pelelang Melayani Lebih Baik” yang diadakan secara hybrid dengan mengundang seluruh JF Pelelang DJKN pada tanggal 4 Desember 2023 di Kanwil DJKN Jawa Barat.

“Mencermati perkembangan yang ada, kami tentunya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, yang menurut pengamatan kami cukup penting sebagai bagian dari upaya untuk memberikan penguatan agar para Pejabat Fungsional DJKN semakin memiliki kemampuan dalam memberikan layanan yang baik, kegiatan seperti ini kiranya dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dalam berbagai variasinya seperti diskusi ilmiah, short course kompetensi teknis dan peningkatan kemampuan public speaking” ungkap Tavianto Noegroho dalam sambutannya sebagai Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat dan Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Pejabat Lelang Negara (PPLN).

Dalam kesempatan ini dihadirkan para narasumber yang berkompeten, pertama adalah seorang Psikolog Profesional yang sangat menguasai emotion modification, kelompok kedua adalah subject matter expert di bidang pelayanan konsumen yaitu Department Head of Customer Protection dan Manager Risk Quality Assurance dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., kedua narasumber didampingi Kepala Subdirektorat Pembinaan Jabatan Fungsional, Direktorat Transformasi dan Sistem Informasi (TSI) DJKN dan Ketua PPLN.

“Pejabat Fungsional Pelelang merupakan salah satu ujung tombak DJKN dalam melakukan pelayanan kepada stakeholder. Pejabat Fungsional Pelelang berinteraksi langsung dengan Pemohon, Pembeli, Peserta Lelang, Pihak ke-3 yang berkepentingan dan masyarakat pada umumnya. Kami harapkan para Pejabat Fungsional Pelelang menyampaikan kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan sehingga para narasumber dapat memberikan masukan dan perbaikan yang diperlukan”, ujar Erris Eka Sundari Kepala Subdirektorat Pembinaan Jabatan Fungsional mewakili Direktur TSI.

Dimulai dengan sharing session yang dimoderatori oleh Ferry Hidayat, Pelelang Ahli Muda dari KPKNL Surabaya, diskusi berlangsung interaktif dengan Siti Djauharoh sebagai narasumber. Siti memberikan wawasan bagaimana mengelola emosi, mengatasi tekanan pekerjaan dan pencapaian target, menjalin komunikasi yang efektif, dan menggali potensi diri untuk meningkatkan produktivitas. Palomes selaku Ketua PPLN, turut serta mendampingi Siti hingga perbincangan berakhir.

Di siang hari, kegiatan Ngopi Santai dilanjutkan oleh Desi Kamilia yang menjelaskan dimensi dan esensi pentingnya service excellence untuk meningkatkan loyalitas customer yang dapat dicapai melalui pendekatan service attitude, service breakdown, serta handling complaint. Desi juga menegaskan pentingnya handling complaint untuk menjaga reputasi organisasi.

Selanjutnya, Hidayani memberikan gambaran jika terjadi gap antara harapan konsumen dengan kenyataan pelayanan yang diberikan oleh institusi di luar batas toleransi, maka konsumen akan melakukan komplain, komplain ini perlu disikapi positif dengan mendengarkan serta menyelesaikan permasalahan sesegera mungkin diiringi penjelasan yang memadai kepada konsumen.

Erris membersamai kedua narasumber tersebut hingga sesi kedua usai dan mengakhiri dengan membacakan satu quote yang pernah disampaikan oleh Ibu Sri Mulyani Indrawati “Saya adalah Menteri pelayanan, Saya menjadi Ketua dari Anda semua untuk bisa melayani Negara ini, Republik ini, Rakyat Indonesia, kita melakukan ini bukan karena terpaksa, akan tetapi because you love this country so much”. Melalui kegiatan “Ngopi Santai” ini diharapkan para Pejabat Fungsional di DJKN dapat meningkatkan kemampuan dalam memodifikasi emosi dan memiliki skill dalam menghadapi tantangan untuk memberikan layanan terbaik kepada stakeholder.

(Ditulis oleh Nurul Latifatun Nisa/Subdit PJF; Dokumentasi: Nurohmat Deny H/Nazrul Bari) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini