Sejalan dengan upaya peningkatan pelayanan lelang kepada stakeholder, Direktorat
Transformasi dan Sistem Informasi bekerja sama dengan Perkumpulan Pejabat
Lelang Negara (PPLN) mengadakan acara Ngopi Santai dan FGD dengan tema
“Pelelang Melayani Lebih Baik” yang diadakan secara hybrid dengan mengundang
seluruh JF Pelelang DJKN pada tanggal 4 Desember 2023 di Kanwil DJKN Jawa
Barat.
“Mencermati perkembangan yang ada, kami tentunya sangat mengapresiasi atas
terselenggaranya kegiatan ini, yang menurut pengamatan kami cukup penting sebagai
bagian dari upaya untuk memberikan penguatan agar para Pejabat Fungsional DJKN
semakin memiliki kemampuan dalam memberikan layanan yang baik, kegiatan seperti
ini kiranya dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dalam berbagai variasinya
seperti diskusi ilmiah, short course kompetensi teknis dan peningkatan kemampuan
public speaking” ungkap Tavianto Noegroho dalam sambutannya sebagai Kepala
Kanwil DJKN Jawa Barat dan Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Pejabat Lelang
Negara (PPLN).
Dalam kesempatan ini dihadirkan para narasumber yang berkompeten, pertama
adalah seorang Psikolog Profesional yang sangat menguasai emotion modification,
kelompok kedua adalah subject matter expert di bidang pelayanan konsumen yaitu
Department Head of Customer Protection dan Manager Risk Quality Assurance dari
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., kedua narasumber didampingi Kepala
Subdirektorat Pembinaan Jabatan Fungsional, Direktorat Transformasi dan Sistem
Informasi (TSI) DJKN dan Ketua PPLN.
“Pejabat Fungsional Pelelang merupakan salah satu ujung tombak DJKN dalam
melakukan pelayanan kepada stakeholder. Pejabat Fungsional Pelelang berinteraksi
langsung dengan Pemohon, Pembeli, Peserta Lelang, Pihak ke-3 yang
berkepentingan dan masyarakat pada umumnya. Kami harapkan para Pejabat
Fungsional Pelelang menyampaikan kendala yang dihadapi dalam memberikan
pelayanan sehingga para narasumber dapat memberikan masukan dan perbaikan
yang diperlukan”, ujar Erris Eka Sundari Kepala Subdirektorat Pembinaan Jabatan
Fungsional mewakili Direktur TSI.
Dimulai dengan sharing session yang dimoderatori
oleh Ferry Hidayat, Pelelang Ahli Muda dari KPKNL Surabaya, diskusi berlangsung
interaktif dengan Siti Djauharoh sebagai narasumber. Siti memberikan wawasan
bagaimana mengelola emosi, mengatasi tekanan pekerjaan dan pencapaian target,
menjalin komunikasi yang efektif, dan menggali potensi diri untuk meningkatkan
produktivitas. Palomes selaku Ketua PPLN, turut serta mendampingi Siti hingga
perbincangan berakhir.
Di siang hari, kegiatan Ngopi Santai dilanjutkan oleh Desi Kamilia yang menjelaskan
dimensi dan esensi pentingnya service excellence untuk meningkatkan loyalitas
customer yang dapat dicapai melalui pendekatan service attitude, service breakdown,
serta handling complaint. Desi juga menegaskan pentingnya handling complaint untuk
menjaga reputasi organisasi.
Selanjutnya, Hidayani memberikan gambaran jika terjadi gap antara harapan
konsumen dengan kenyataan pelayanan yang diberikan oleh institusi di luar batas
toleransi, maka konsumen akan melakukan komplain, komplain ini perlu disikapi positif dengan mendengarkan serta menyelesaikan permasalahan sesegera mungkin diiringi
penjelasan yang memadai kepada konsumen.
Erris membersamai kedua narasumber tersebut hingga sesi kedua usai
dan mengakhiri dengan membacakan satu quote yang pernah disampaikan oleh Ibu
Sri Mulyani Indrawati “Saya adalah Menteri pelayanan, Saya menjadi Ketua dari Anda
semua untuk bisa melayani Negara ini, Republik ini, Rakyat Indonesia, kita melakukan
ini bukan karena terpaksa, akan tetapi because you love this country so much”.
Melalui kegiatan “Ngopi Santai” ini diharapkan para Pejabat Fungsional di DJKN dapat
meningkatkan kemampuan dalam memodifikasi emosi dan memiliki skill dalam
menghadapi tantangan untuk memberikan layanan terbaik kepada stakeholder.
(Ditulis oleh Nurul Latifatun Nisa/Subdit PJF; Dokumentasi: Nurohmat Deny H/Nazrul
Bari)