Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Gelar Lelang Amal, DJKN Donasikan 24,4 Juta untuk Pemulihan Bromo Pasca Kebakaran
Satria Islam Putra Sarabis
Jum'at, 17 November 2023 pukul 13:30:07   |   188 kali

Malang – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggelar Lelang bertajuk “Lelang Amal, Menuju New Bromo” pada Kamis, 17 November 2023 di Taman Nasional  Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Bungkah Cemara Lawang, Kabupaten Probolinggo Jawa timur.Kegiatan yang mengusung konsep Lelang, Amal dan Pemulihan (auction, charity and recovery), DJKN berhasil melelang seluruh barang dengan hasil nominal sebesar Rp24.450.000. “Dengan ini kami serahkan Rp24.450.000 untuk pemulihan Bromo,” ungkap Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto saat menyerahkan hasil lelang.

Pada kegiatan tersebut ada 20 lot item yang di lelang dan semua habis terjual sesuai target lelang dengan hasil nominal sebesar Rp24.450.000. Lelang tersebut bertujuan untuk mendukung pemulihan pasca terjadinya tragedi kebakaran Pada 6-15 September 2023 laluHasil lelang amal seluruhnya telah diberikan kepada Komunitas Masyarakat Peduli Api TNBTS.

Selain bertujuan sosial, lelang tersebut juga dalam rangka Sosialisasi Anti Penipuan bermodus lelang. Kampanye ini bertujuan agar masyarakat di seluruh Indonesia khususnya Jawa timur agar lebih berhati-hati serta waspada terhadap modus operandi pelaku penipuan yang banyak berkeliaran di dunia maya,” terang Joko.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan lelang bertujuan untuk lebih mengenalkan mekanisme lelang sebagai salah satu alternatif terbaik jual beli dan investasi aset. Perlu diketahui bahwa sepanjang tahun 2023 sampai dengan Oktober capaian transaksi lelang nasional sebesar 33 Triliun, sedangkan di Jawa Timur sebesar 4,4 Triliun rupiah. 

Senada dengan Direktur Lelang, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang Ridho Wahyono menegaskan bahwa selain mengenalkan lelang, lelang amal juga bertujuan mengkampanyekan kepada masyarakat agar hati-hati terhadap penipuan bermodus lelang. “Pada intinya, yang pertama KPKNL  mengenalkan lelang kepada Masyarakat, yang kedua penipuan lelang ini sering sehingga masyarakat perlu berhati hati dan mengenali modus tindak pidana ini,” tegasnya.

Ia menambahkan, KPKNL Malang akan berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat. “Kegiatan ini mudah-mudahan bukan menjadi yang pertama dan terakhir, sebab KPKNL Malang berkomitmen untuk tetap membantu setiap kejadian dan peristiwa yang mana Kita bisa berpartisipasi serta menunjukan eksistensi lelang dan mudah-mudahan masyarakat lebih akrab dengan lelang, bahwa lelang itu adalah proses jual beli yang aman mudah serta terpercaya dan juga Legal,” urainya.

Sementara itu,  Anis yang mewakili penduduk sekitar kawasan yang berhasil memenangkan lelang tidak dapat menutupi rasa gembiranya. Ia mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan dengan harga yang menarik. “Mudah-mudahan waktu ke depan dapat diselenggarakan kembali Pak,” harap Anis

Dalam acara yang menjadi salah satu rangkaian Peringatan Hari Kekayaan Negara tersebut, turut hadir beberapa tamu undangan khusus,  diantaranya Direktur Lelang DJKN. Kepala kanwil DJKN Jawa Timur, Kepala Balai Besar TN BTS, para kepala satuan kerja, Direktur BLU yang berada di wilayah KPKNL Malang, serta tokoh masyarakat dari wilayah sekitar Tengger. Pada akhir acara, mereka bersama-sama melakukan penanaman bibit pohon di kawasan hutan Balai Besar  TN BTS, sebagai aksi nyata pemulihan kawasan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini