Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kolaborasi Gelar Extravaganza Lelang Hari Oeang 2023 : Dorong Perekonomian Jawa Timur
Deni Atif Hidayat
Rabu, 15 November 2023 pukul 18:43:07   |   153 kali

Surabaya - Kanwil DJKN Jawa Timur menggelar Extravaganza Lelang Hari Oeang Tahun 2023 di Golden Hall Plaza Surabaya pada Rabu-Minggu (15-19/11) dengan menggelar talkshow dan expo lelang dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kanwil DJKN Jawa Timur. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Joko Prihanto.

Pembukaan event itu dihadiri jajaran Kemenkeu Satu Jawa Timur, Perbankan, dan Anggota Komisi XI Indah Kurnia. Kegiatan ini menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya serta terbuka untuk umum.

Saat pembukaan kegiatan, Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Extravaganza Lelang Hari Oeang 2023 ini menjadi media dan sarana sinergi dan kolaborasi Kemenkeu, Perbankan, dan UMKM, yang merupakan penggerak perekonomian.

“Extravaganza Lelang Hari Oeang 2023 dengan tema "Lelang Indonesia Menuju Pasar Dunia Untuk Indonesia Emas 2045 " ini memiliki makna bahwa Kemenkeu beserta Perbankan dan Pelaku UMKM, memiliki komitmen untuk bergerak bersama melalui Extravaganza Lelang Hari Oeang untuk menggerakkan roda perekonomian di Jawa Timur,” ujar Tugas.

Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa di era digitalisasi ini, layanan lelang diharapkan bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Kementerian/Lembaga, perbankan, jasa keuangan lainnya, dan pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform ini untuk memasarkan produk ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

“Tercatat sampai dengan bulan Oktober 2023 Pokok Lelang telah mencapai Rp30,68 triliun dengan PNBP lelang sebesar Rp654,74 miliar serta kontribusi lelang ke Kas Negara baik Pemerintah Pusat maupun Daerah adalah sebesar Rp3,65 triliun,” terangnya.

Expo Lelang merupakan salah satu upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang lelang sebagai sarana jual beli yang mudah, objektif dan aman serta sebagai salah satu media untuk mendapatkan informasi terkait investasi properti dengan menghadirkan booth perbankan yaitu booth Bank Mandiri, Bank Jatim, Bank Central Asia, Bank Negara Indonesia, Bank BTN, Bank BRI, Bank Syariah Indonesia dan booth DJKN.  Pada kegiatan itu juga digelar Live Lelang Balai Lelang Serasi, Balai Lelang JBA Indonesia, Balai Lelang Auksi, Balai Lelang Tribik, Balai Lelang Smartbid, serta Live Lelang - UMKM oleh Pejabat Lelang Kelas I KPKNL Surabaya dengan objek lelang, produk-produk UMKM yang siap ekspor. 

Melalui pelaksanaan lelang itu diharapkan dapat mendorong capaian kinerja lelang sektor perbankan serta berkontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional dan memperkenalkan lelang secara lebih luas kepada masyarakat mengingat salah satu peran strategis lelang dalam perekonomian nasional adalah membantu pemulihan keuangan negara dengan  penyelesaian Non Performing Loan (NPL) melalui pencairan agunan melalui penjualan lelang serta mendorong roda perekonomian melalui penjualan lelang sukarela.

Adapun kinerja lelang Kanwil DJKN Jawa Timur s.d Oktober 2023 dari Target Pokok Lelang Tahun 2023 Rp3.878.300.000.000,00 telah tercapai Rp4.422.037.661.913,00 (114,02%) dan target PNBP Lelang   Tahun 2023 sebesar Rp102.450.000.000,00 telah tercapai realisasi Rp110.277.340.296,00 (107,64%)

Pekan Extravaganza menjadi upaya untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa lelang sebagai sarana jual beli yang mudah, objektif dan aman. Masyarakat dapat membeli aset dengan cara mudah, dan transparan, serta mendapatkan harga yang terbaik. Selain itu kegiatan Extravaganza juga sebagai wadah UMKM untuk dapat memasarkan produknya melalui lelang.go.id, atau pada aplikasi android Lelang Indonesia guna memperluas jangkauan pasarnya. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan pilar penting pembangunan ekonomi Indonesia terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini