Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
SMV Kemenkeu Menjadi Katalis bagi Perekonomian Indonesia
Nanang Ansari
Jum'at, 10 November 2023 pukul 14:30:17   |   202 kali

Jakarta - Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan diciptakan, dibentuk, dan dikembangkan sebagai salah satu fiscal tool dan menjadi katalis dari berbagai perkembangan perekonomian Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam arahannya pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah Anggota Direksi PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Anggota Direksi PT Geo Dipa Energi (Persero), serta Anggota Dewan Direktur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) hari ini (10/11) di Kantor LPEI, Jakarta.

 

Menkeu menaruh harapan kepada PT SMI, PT GDP, dan LPEI untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam hal pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan untuk bisa memberikan solusi dan pemecahan masalah secara kreatif, konstruktif, dan tetap pada rambu-rambu tata kelola yang baik.

 

“PT SMI sebagai development institution dan financing yang tidak hanya dari sisi infrastruktur dengan KPBU dan Pemerintah Daerah, tak henti-hentinya saya terus dorong untuk mendukung pemerataan pembangunan, mempercepat pembangunan daerah tertinggal, terluar, sehingga anak-anak generasi muda Indonesia dapat melihat bahwa Indonesia dibangun untuk mencapai cita-cita keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, dapat mereka rasakan” pesan Menkeu.

 

Lebih lanjut, kepada PT GDP dengan Energy Transition Mechanism (ETM) dan komitmen untuk renewable, Menkeu berpesan agar bisa memecahkan berbagai persoalan khususnya dengan dinamika di masyakarat. “PT GDP terus belajar mengenai benchmarkingstandard practice yang baik bagaimana membangun dan mengelola sebuah renewable energy company yang menjadi salah satu katalis bagi kita untuk meningkatkan kemampuan membangun dengan tanpa emisi”, tambah Menkeu.

 

Terakhir, kepada LPEI, Menkeu meminta agar direksi dapat melaksanakan perbaikan kolektif dan fondasi yang baru, jaga risiko dengan mengelolanya dan diminimalisasi.


Menutup arahannya, dalam momentum Hari Pahlawan, Menkeu berharap agar yang dilantik, Suminto dan Kasan sebagai Anggota Dewan Direktur LPEI, Faaris Pranawa sebagai Anggota Direksi PT SMI, dan Ilen Kardani sebagai Anggota Direksi PT GDE, serta seluruh yang hadir dalam acara ini menjadi pahlawan-pahlawan selanjutnya. (na/arv)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini