Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
PERTAMA DI MOTOGP... LELANG PRODUK BERTANDA TANGAN ASLI PEMBALAP DUNIA !
Hanna Afina Azmi
Rabu, 18 Oktober 2023 pukul 08:33:07   |   69 kali

PERTAMA DI MOTOGP... LELANG PRODUK BERTANDA TANGAN ASLI PEMBALAP DUNIA !

Minggu(15/10), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara c.q. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Mataram bekerja  sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyelenggarakan lelang non eksekusi sukarela atas official merchandise dan produk UMKM yang ditandatangani oleh Pembalap MotoGP Mandalika 2023. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Direktur Lelang, Joko Prihanto yang mendukung secara penuh kegiatan lelang yang bertujuan untuk lelang amal ini.

Lelang dilaksanakan di area Deluxe Class Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok disela-sela break sesi perhelatan MotoGP Mandalika 2023.

Buyer potensial yang dibidik adalah penonton yang berada di Deluxe Class dan Royale Box Sirkuit Internasional Mandalika yang dapat melihat langsung objek lelang dan melakukan penawaran lelang. Calon pembeli di luar dari area dapat mengikuti lelang melalui siaran langsung via Youtube KPKNL MATARAM dan Instagram@kpknlmataram serta @themandalikagp

Objek yang dilelang terdiri dari 6 (enam) lot yaitu Lot 1: Official Merchandise MotoGP berupa satu buah jaket bomber bertanda tangan Maverick Vinales, Lot 2:Official Merchandise MotoGP berupa satu buah jaket bomber bertanda tangan Marco Bezzecchi, Lot 3:  Official Merchandise MotoGP berupa satu buah jaket varsity bertanda tangan Alex Espargaro dan Fabio Quartararo, Lot 4: Official Merchandise MotoGP berupa satu buah jaket coach bertanda tangan Joan Mir dan Pecco Bagnaia, Lot 5:  produk UMKM yang ditandatangani para riders berupa jaket tenun Allea’s Men Wear bertanda tangan Aleix Espargaro, Marco Bezzecchi, Fabio Quartararo, Joan Mir dan Pecco Bagnaia dan Lot 6: produk UMKM lainnya berupa satu buah Unique Handcraft dengan material kulit kerang laut dihiasi mutiara laut.

Keseluruhan objek lelang amal ini berhasil laku terjual dan membentuk harga yang sangat kompetitif di antara para calon pembeli lelang dengan total kenaikan sebanyak130%  dari nilai limit. Persentase penawaran tertinggi Official Merchandise MotoGP sebesar 175%  dari nilai limit. Sedangkan persentase penawaran tertinggi Barang UMKM Lombok dilakukan sebesar 300%  dari nilai limit.

Khusus lelang Official Merchandise MotoGP, hasil bersih lelang sepenuhnya diserahkan kepada MGPA yang merupakan cucu usaha dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Selanjutnya MGPA akan menyalurkan hasil lelang ini dalam kegiatan-kegiatan amal melalui program CSR ITDC.

Sedangkan, untuk objek lelang UMKM yang dijadikan amal adalah selisih antara nilai limit dengan hasil bersih lelang. Penjual tetap akan memperoleh uang penjualan seharga nilai limit berapapun harga lelang yang terbentuk. Selisih harga akan disumbangkan untuk amal melalui lembaga amal yang kompeten.

Kurniawan Catur Andrianto, Kepala KPKNL Mataram melalui siaran pers KPKNL Mataram menyampaikan bahwa kegiatan Lelang Amal ini diharapkan dapat mengkampanyekan nilai-nilai bangsa yang dan falsafah pancasila yang berupaya memenuhi hak atas kebutuhan dasar warga negara demi tercapainya kesejahteraan sosial, dengan menyelenggarakan pelayanan dan pengembangan kesejahteraan sosial secara terencana, terarah, dan berkelanjutan.

Dengan mendukung UMKM maka cita-cita keadilan sosial dengan mengurangi ketimpangan ekonomi di Indonesia bisa diatasi. Selain itu, diharapkan kegiatan ini menjadi ciri khas sekaligus pembeda kegiatan MotoGP di Sirkuit Mandalika dengan sirkuit lainnya. Sekaligus diharapkan ada sumbangan Official Merchandise MotoGP lainnya yang bisa dilelang pada kesempatan mendatang.

Lelang terus melaju demi wujudkan Indonesia maju... !!!

 

Redaksi dan foto: Tim Humas Dit Lelang

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini