Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Personal Branding, Ciptakan Citra Diri yang Professional untuk Diri dan Organisasi
Arista Putri
Rabu, 20 September 2023 pukul 19:27:55   |   365 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bersama PT. Bank Mandiri, Tbk melaksanakan Seminar Pengarusutamaan Gender dengan tema Membangun Kepercayaan Diri dengan Personal Branding dan Investasi yang Tepat pada Selasa (19/09). Acara ini dilaksanakan secara hybrid yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Pelaksanaan Seminar PUG ini merupakan bentuk pengembangan kualitas penyelenggaraan layanan di DJKN dan merupakan wujud nyata dari semangat perbaikan berkelanjutan atau “continuous improvement” yang terus diamanahkan oleh pimpinan.  

 

Mengawali acara, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dedi Syarif Usman menyampaikan bahwa pada kesempatan ini terdapat dua poin penting yang akan diangkat yakni kepercayaan diri serta investasi strategis. Kedua elemen ini merupakan elemen penting guna keberhasilan individu dan pendorong utama perubahan dalam konteks kesetaraan gender yang lebih luas. 

 

Sebagai pemimpin dan pembuat kebijakan, adalah tanggung jawab kita untuk menjadi obor yang membangun kepercayaan diri tim dan orang-orang di sekitar kita. Kepercayaan diri inilah yang menjadi pondasi dan kekuatan yang mendorong tim untuk menyelesaikan tantangan dan mengelola risiko dengan lebih baik,” ujar Dedi. 

 

Consumer Loan Manager, PT. Bank Mandiri, Tbk Melisa yang menjadi narasumber pada seminar kali ini menyampaikan bahwa investasi rumah sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin oleh para karyawan/pegawai. Hal ini disebabkan karena rumah merupakan sebuah kebutuhan dan tidak hanya sekedar keinginan paparnya.  

 

Pada kesempatan yang sama Melisa menyampaikan terhitung sejak 2017 hingga 2020 kenaikan upah gaji bersih pegawai di Indonesia mencapai 4,53% hal ini seiring juga dengan kenaikan IHPR sebesar 3,22% tiap tahunnya. Sehingga melalui fakta ini disampaikan bahwa meski gaji pegawai mengalami kenaikan, harga rumah pun juga mengalami kenaikan tiap tahunnya disinilah pentingnya bagi karyawan untuk memiliki investasi properti sedini mungkin.  

 

Selain Melisa, Kartika Yogiarti yang merupakan Faculty Member, PT. Bank Mandiri, Tbk juga hadir untuk memberikan pelatihan mengenai personal branding. Kartika menyampaikan bahwa membangun kredibilitas dan kepercayaan diri sebagai representasi perusahaan bagi pelanggan merupakan salah satu tujuan dari pelatihan branding ini, karena nantinya akan berdampak pada citra diri kita sebagai profesional yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pelanggan. 

 

Your brand is what other people say about you when you’re not in the room,” ucap Kartika dalam pemaparannya yang Ia kutip dari Jeff Bezos. 

 

Kartika juga menyampaikan bahwa personal branding bagaikan gunung es yang berada di laut lepas dengan sedikit bagian yang ditampilkan pada publik yakni koneksi dan visual, dimana di dalamnya tersembunyi  aspirasi, identitas, dan keunikan yang dibangun tanpa sepenglihatan orang lain dalam pembentukannya. Pentingnya membangun personal branding sama dengan membangun sebuah reputasi, menciptakan gambar diri kita untuk dunia luar dan “menjualdiri kita sebagai individual (marketing yourself). (Angelica/Arst) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini