Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lantik Ketua PUPN Cabang, Dirjen Kekayaan Negara Harap PUPN Cabang Tingkatkan Kolaborasi
Muhammad Ridho Arve
Selasa, 19 September 2023 pukul 16:24:22   |   225 kali

Jakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban melantik dan mengambil sumpah dua Ketua Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) Cabang pada Senin (18/9) di Aula Lantai 5 Gedung Syafruddin Prawiranegara II. Dikesempatan pelantikan ini Rionald menyampaikan agar PUPN Cabang bersinergi dalam kelompok kerja Join Collection di lingkungan Kementerian Keuangan melalui aliran pertukaran data dan/atau informasi yang bermanfaat untuk keperluan debtor tracing dan asset tracing. 

 

“Dengan telah ditetapkannya program sinergi reformasi dalam rangka optimalisasi penerimaan Negara pada Kelompok Kerja Joint Collection, PUPN dapat berkolaborasi dengan DJP, DJBC, DJA, dan Unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan,” jelas Rionald. 

 

Terbitnya PP 28 tahun 2022 memberikan kewenangan yang besar kepada pemerintah melalui PUPN untuk melakukan tindakan eksekutorial termasuk dengan Tindakan Keperdataan dan/atau Tindakan Layanan Publik. 

 

Kewenangan untuk melakukan tindakan eksekutorial termasuk dengan Tindakan Keperdataan dan/atau Tindakan Layanan Publik harus diimbangi dengan komitmen, integritas, dan kecermatan dalam melakukan seluruh rangkaian proses pengurusan piutang negara,tambah Rionald. 

 

Berkaitan dengan Crash Program Keringanan Utang, Rionald menekankan PUPN Cabang agar melakukan evaluasi sehingga penyelesaian piutang negara di tahun berikutnya dapat dipercepat. 

 

“Di tahun 2023 ini kita juga melaksanakan Crash Program Keringanan Utang. Lakukan evaluasi secara rutin terhadap efektivitas program tersebut, sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk mempercepat proses penyelesaian piutang negara di tahun berikutnya,” ungkap Rionald. 

 

Mengakhiri arahannya, Rionald berpesan agar Ketua PUPN Cabang yang baru selalu mengingat dan mengamalkan sumpah jabatan yang diucapkan saat pelantikan. 

 

Sebuah jabatan menggambarkan kepercayaan serta mengungkapkan harapan yang tinggi dan mulia kepada masing-masing pejabat yang dilantik. Oleh karenanya, saya berharap Bapak ibu sekalian selalu mengingat dan mengamalkan sumpah jabatan yang diucapkan saat pelantikan,” pesan Rionald mengakhiri arahannya.  

 

Adapun dua Ketua PUPN Cabang yang dilantik oleh Dirjen Kekayaan Negara adalah Djanurindro Wibowo dan Mohamad Arief Widodo. (arv) 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini