Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
FGD JF Penata Laksana Barang dan JF Penilai Pemerintah Jaring Aspirasi di Lingkungan Kementerian Pertanian
Nadea Skandina Putri
Kamis, 14 September 2023 pukul 09:56:55   |   107 kali

Bekasi – Direktorat Transformasi dan Informasi (TSI) menghadiri undangan Focus Group Discussion (FGD) Jabatan Fungsional Penata Laksana Barang (JFPLB) dan Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah (JFPP) yang diadakan oleh Kementerian Pertanian pada Jumat (8/9) bertempat di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian, Bekasi.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh stakeholder di lingkungan Kementerian Pertanian, antara lain Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) beserta jajaran, dan perwakilan Eselon I yang terlibat dalam pengelolaan BMN. Pada kesempatan ini, kehadiran Direktorat TSI diwakili oleh Subdirektorat Pembinaan Jabatan Fungsional (PJF).

Narasumber dari Seksi PJF III Mundhi Widigdo Saptono menyampaikan paparan terkait JFPLB dengan fokus transformasi JFPLB  di masa mendatang dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) nomor 11 Tahun 2023. 

“Maksud pembentukan JFPLB adalah untuk menyediakan wadah pengembangan karir bagi PNS yang selama ini melaksanakan tugas penatausahaan dan pengelolaan BMN/D serta penetapan tarifnya. JFPLB termasuk dalam JF rumpun Manajemen selanjutnya masuk pada rumpun Akuntan dan Anggaran merujuk pada PermenPAN-RB 11 Tahun 2023,” jelasnya.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Kepala Seksi Program dan Tata Kelola Pembinaan (PTKP) Ertri Lesmana mengenai JFPP yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang secara penuh untuk melaksanakan kegiatan di bidang Penilaian. Pada sesi ini juga dilaksanakan simulasi penghitungan kebutuhan JF Penilai Pemerintah. Kegiatan ini dilakukan untuk jangka waktu lima tahun dan diperinci per satu tahun dengan mempertimbangkan prioritas kebutuhan, rencana strategis, dan dinamika perkembangan organisasi.

Hasil FGD kali ini akan ditindaklanjuti dengan persiapan teknis untuk penyusunan Kebutuhan Jabatan Fungsional (KJF). Dengan diadakannya FGD dan sosialisasi mengenai Jabatan Fungsional ini diharapkan dapat menjaring aspirasi, menarik minat, sekaligus bermanfaat bagi pengembangan karir pegawai di lingkup Kementerian Pertanian. (Subdit PJF)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini