Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kompetisi Inovasi Kekayaan Negara (KIKN) sebagai Upaya Penguatan Ekosistem Inovasi di Lingkungan DJKN
Bhika Arnanda Chary Widjaya
Kamis, 10 Agustus 2023 pukul 11:52:16   |   498 kali

Jakarta Inovasi menjadi salah satu kunci penting dalam menjawab kompleksitas dunia yang semakin berkembang pesat. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di era yang serba cepat dan penuh tantangan ini, DJKN dituntut untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas yang berkesinambungan. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban dalam Kick off Kompetisi Inovasi Kekayaan Negara (KIKN) yang diselenggarakan pada Kamis (10/8) secara daring.


Inovasi merupakan dorongan untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik. “Di lingkup kerja DJKN, inovasi dapat diejawantahkan dalam perbaikan proses bisnis, pengembangan alat bantu kerja, serta bentuk lain, yang pada akhirnya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan manfaat bagi pemangku kepentingan maupun bagi organisasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujar Rio.


Lebih lanjut, Rio berpesan DJKN dapat meningkatkan dan memperkuat ekosistem inovasi DJKN melalui KIKN. “Salah satu upaya untuk meningkatkan pengelolaan inovasi pada hari ini kita melakukan Kick off KIKN,” ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman. Penguatan Ekosistem Inovasi ini dipandang penting untuk dilakukan oleh DJKN. “KIKN memiliki tujuan untuk mendorong inisiatif unit dan partisipasi pegawai untuk membangun dan mengembangkan ide dan inovasi mulai dari penjaringan ide, pengembangan ide menjadi inovasi, sampai dengan monitoring evaluasi untuk menhasilkan inovasi yang berkualitas dan berkelanjutan,” ujarnya.


Sasaran jangka pendek dari pelaksanaan KIKN adalah sebagai ajang penjaringan dan seleksi internal untuk memilih inovasi terbaik yang akan mewakili DJKN pada Kompetisi Inovasi di tingkat Kementerian Keuangan maupun Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di tingkat nasional. Sasaran jangka panjang dan paling penting dari pelaksanaan KIKN adalah semakin banyaknya ide dan inovasi yang memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholders


Sebagai penutup, Rio berharap agar KIKN dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara. “Saya ucapkan selamat berinovasi bagi seluruh jajaran Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Semoga kegiatan dan sinergi kita di sini dapat meningkatkan dedikasi dan manfaat sebaik-baiknya untuk berbagai pihak,” pungkasnya.


Adapun pembicara yang diundang dalam Kick off KIKN kali ini antara lain Kepala Bagian Tata Kelola dan Pelayanan Publik, Sekretaris Jenderal, Kementerian Keuangan RI, Donny Maha Putra dan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana DJKN, Dedi Riswandi. (Bk)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini