Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kunjungan Tim Penilai KPPc DJKN ke KPKNL Palu
N/a
Selasa, 16 April 2013 pukul 11:14:54   |   300 kali

Palu – Seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan penilaian Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Tingkat DJKN dengan terlebih dahulu menyeleksi beberapa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang memenuhi kriteria. Dalam rangka menentukan peserta penilaian KPPc, Tim Penilai KPPc DJKN tahun 2013 telah melakukan seleksi awal dengan mempertimbangkan KPKNL yang telah diusulkan oleh Kanwil DJKN yang membawahinya; KPKNL yang telah ditetapkan sebagai KPKNL Teladan; kesiapan sarana dan prasarana KPKNL yang bersangkutan; dan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL yang bersangkutan pada tahun 2011 dan 2012. Berdasarkan hasil seleksi, Tim Penilai KPPc DJKN tahun 2013 telah menetapkan peserta penilaian KPPc DJKN tahun 2013 sebanyak lima KPKNL, yaitu KPKNL Padang, KPKNL Madiun, KPKNL Pekalongan, KPKNL Palangkaraya, dan KPKNL Palu.

Pada 01 s.d. 03 April 2013, KPKNL Palu mendapat kunjungan dari Tim Penilai KPPc DJKN tahun 2013 sebanyak tiga orang yang dipimpin oleh Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) DJKN, Dharmasetiawan, selaku Ketua Tim Penilai. Penilaian KPPc DJKN tahun 2013 dilaksanakan dengan metode penilaian secara langsung/observasi lapangan menggunakan parameter penilaian yang diatur oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Penilaian tersebut dilakukan terhadap hasil presentasi kepala kantor, sampling prosedur pengelolaan berkas/dokumen dan sistem aplikasi, wawancara dengan pemangku kepentingan (stakeholder) maupun pegawai, peninjauan sarana dan prasarana kantor, serta pengukuran hasil indeks kepuasan pengguna jasa atau Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Menyikapi adanya penilaian dari Tim Penilai KPPc, KPKNL Palu telah mempersiapkan diri dengan menyusun Buku Profil KPKNL Palu yang dapat memberikan gambaran awal kepada Tim Penilai KPPc DJKN Tahun 2013 dan juga mengundang para pengguna jasa yang mewakili jenis pelayanan pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang.

Tepat pada Selasa, 02 April 2013, suasana ramai menyelimuti KPKNL Palu dengan kedatangan para tamu undangan dan pengguna jasa/pemangku kepentingan (stakeholders) yang datang memenuhi undangan. Mereka datang untuk mengikuti serangkaian acara di Ruang Rapat KPKNL Palu dalam rangka penilaian KPPc DJKN tahun 2013. Salah satunya, yaitu presentasi Kepala KPKNL Palu yang dilakukan dalam suasana formal. Setelah pembukaan oleh MC, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Kantor Wilayah XVI DJKN Manado diikuti dengan sambutan dari Ketua Tim Penilai KPPc, Dharmasetiawan. Kepala KPKNL Palu, James Simorangkir, menyampaikan presentasi dihadapan Tim Penilai KPPc, tamu undangan, dan stakeholder melalui layar LCD. Para peserta dengan antusias menyimak presentasi James, mulai dari sejarah berdirinya KPKNL Palu, wilayah kerja KPKNL Palu, visi dan misi KPKNL Palu, motto dan janji layanan KPKNL Palu, tugas dan fungsi, struktur organisasi, Sumber Daya Manusia, sarana dan prasarana, Standard Operating Procedures (SOP) layanan unggulan, alur pelayanan stakeholders, dan capaian kinerja Indikator Kinerja Utama (IKU). Acara dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai presentasi tersebut.

Untuk memberikan gambaran yang obyektif tentang pelayanan dan kinerja KPKNL Palu, Tim Penilai KPPc DJKN membagikan kuesioner untuk diisi oleh para pengguna jasa yang hadir. Pada saat pengisian kuesioner oleh pengguna jasa dan tanya jawab antara Tim Penilai dengan pengguna jasa, perwakilan Kanwil dan Kepala KPKNL Palu beserta staf keluar ruangan agar responden lebih leluasa dalam pengisian kuesioner maupun tanya jawab dengan Tim Penilai. Setelah presentasi Kepala KPKNL Palu, pengisian kuesioner dan tanya jawab antara Tim Penilai dengan pengguna jasa selesai, acara dilanjutkan dengan penutupan oleh perwakilan dari Kanwil XVI DJKN Manado. Sebagai akhir rangkaian acara, Tim Penilai KPPc melakukan survei sarana dan prasarana kantor serta wawancara kepada para pegawai KPKNL Palu dan melakukan dokumentasi sarana prasarana kantor. (Sumarno – KPKNL Palu)



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini