Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Acara Puncak 115 Tahun Lelang Indonesia, Semangat Kebangsaan Melandasi Lelang Menuju Pasar Dunia
Aditya Agung Kandias
Rabu, 19 Juli 2023 pukul 05:15:12   |   654 kali

Di tahun 2023 ini, lelang telah hadir di Indonesia selama 115 Tahun. Untuk itu, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menyelenggarakan Acara Puncak 115 Tahun Lelang Indonesia yang bertujuan sebagai sarana edukasi, komunikasi dan sosialisasi lelang kepada seluruh masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Direktur Lelang Joko Prihanto dalam laporannya pada kegiatan Acara Puncak 115 Tahun Lelang yang digelar pada Selasa (18/7) di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan dan dihadiri oleh kurang lebih 500 undangan yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai Kementerian Keuangan, Balai Lelang, serta masyarakat umum. “Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana bertemunya komunitas penjual dan komunitas pembeli, sehingga dapat lebih memasyarakatkan dan memperluas pasar lelang,” ujarnya.

 

Joko melanjutkan, acara puncak ini terlaksana berkat dukungan dan sinergi dengan para Pembina UMKM dari Himpunan Bank Milik Negara (Bank Himbara: BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN), serta Bank Central Asia, Bank Syariah Indonesia, serta balai lelang yang ada di Indonesia.

 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban dalam kesempatan yang sama, menyampaikan bahwa DJKN Kementerian Keuangan selalu berupaya untuk mengoptimalkan fungsi pelaksanaan lelang sebagai suatu sarana jual beli untuk mendukung penegakan hukum serta tertib administrasi aset negara dalam kerangka fungsi publik dan mengumpulkan penerimaan negara. “Lelang terus melakukan pengembangan dan mengikuti perubahan zaman untuk mewujudkan lelang yang mudah, objektif, dan aman,” ungkap Rio. 

 

Hal tersebut dapat dilihat melalui upaya digitalisasi lelang dan penyesuaian regulasi. Upaya digitalisasi lelang melalui Lelang.go.id sedangkan penyesuaian regulasi dilakukan melalui upaya  pembahasan Rancangan Undang-undang Perlelangan maupun regulasi peraturan di bawahnya. “upaya ini guna memberikan landasan kepastian hukum dan kemudahan dalam pengembangan lelang menuju pasar dunia,” lanjutnya.

 

Untuk menuju pasar dunia, Rionald mengingatkan bahwa lelang perlu dilandasi dengan semangat kebangsaan sesuai tema acara puncak 115 Tahun Lelang Indonesia yaitu “Semangat Kebangsaan Melandasi Lelang Menuju Pasar Dunia”. Karenanya, ia mengajak seluruh insan lelang Indonesia untuk meneguhkan sinergi dan kolaborasi terbaik untuk pencapaian hasil lelang terbaik sehingga pasar lelang Indonesia terus meluas menuju pasar dunia dan ekonomi tumbuh.

 

Pada acara puncak 115 Tahun Lelang Indonesia ini, selain diisi dengan dialog interaktif dengan Dirjen KN, Direktur Lelang serta perwakilan balai lelang, juga diramaikan dengan pelaksanaan lelang sukarela berupa kendaraan bermotor, benda seni lukisan, kain tenun, barang antik/kuno dan barang lainnya, serta komoditi kopi dan produk UMKM secara konvensional. Selain itu, DJKN juga menganugerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Ajang Kreativitas Lelang Indonesia 2023 dan penghargaan kepada Pencipta Lagu Kampanye Anti Penipuan Lelang “Kapusan Kelangan.” (kandias/bhika)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini