Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar Antusias Sambut DJKN Goes to Campus
Charles Jimmy
Jum'at, 26 Mei 2023 pukul 19:54:59   |   492 kali

Makassar – “Kekayaan Negara - Dijaga, Dikelola, Untuk Kita Bersama,” teriak mahasiswa menggetarkan Gedung Balai Sidang Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar saat MC menyerukan ajakan yel-yel. Itulah salah satu keseruan acara DJKN Goes to Campus yang diselenggarakan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat pada Jumat (26/05) pagi.

 

Acara mengambil tema “Gen Z Melek Kekayaan Negara” dimaksudkan salah satunya untuk memupuk rasa dan keinginan mahasiswa dalam mengenal kekayaan Negara sehingga menumbuhkan kemauan untuk terlibat pada proses pengelolaan keuangan dan kekayaan negara. Mahasiswa Unismuh Makassar menjadi target peserta luring dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah di daerah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat turut diundang untuk mengikuti acara secara daring.

 

Civitas Akademika Unismuh menyambut gelaran ini dengan penuh antusias. Dari target 600 peserta luring, ternyata yang hadir lebih banyak lagi yakni tercatat 765 orang. Peserta daring tidak kalah ramai. Lebih dari 400 peserta memenuhi ruang konferensi (melalui media youtube dan zoom). Beragam acara disajikan untuk menarik minat peserta, mulai dari kuliah umum sampai lelang barang menarik.

 

Dalam kuliah umum, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Arif Bintarto Yuwono mengajak mahasiswa untuk melek kekayaan Negara. Beliau mengawali paparan dengan pengenalan DJKN sebagai salah satu unit eselon I di bawah Kementerian Keuangan. “DJKN memiliki tugas dan fungsi di bidang pengelolaan kekayaan negara (termasuk piutang Negara), lelang dan penilaian,” ujarnya.

Kemudian diterangkan secara singkat tiga kegiatan utama yang dilakukan Kanwil DJKN Sulseltrabar, yakni pengelolaan Barang Milik Negara, pelayanan lelang dan pengurusan piutang Negara. Dalam sesi tanya jawab, sangat banyak peserta yang ingin mengajukan pertanyaan, namun karena waktu, pertanyaan dibatasi menjadi lima. Mahasiswa tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai lelang, peran Kementerian Keuangan dan DJKN untuk mengembangkan generasi Z menuju Indonesia Maju dan bagaimana mahasiswa bisa terlibat dalam pengelolaan keuangan Negara.


Sebelumnya, rektor Unismuh Makassar, Prof. DR. H. Ambo Asse dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan DJKN Goes to Campus yang menyasar kampus Unismuh. Kerja sama dengan DJKN sudah berjalan baik sebelumnya dalam pemrosesan kekayaan Negara berupa Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa (ABMA/T). Di masa depan, masih ada aset yang perlu diselesaikan sehingga koordinasi dengan DJKN diharapkan tetap dijaga dengan baik.

 

Di samping pengenalan DJKN, dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Unismuh dengan Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan untuk pengoperasian Pojok Kemenkeu. Pojok dimaksud diharapkan menjadi jembatan penghubung civitas akademika dengan Kementerian Keuangan.

 

Segmen simulasi lelang menjadi acara yang paling menarik minat mahasiswa. Pada segmen ini, ditayangkan sejarah 115 tahun lelang Indonesia kemudian penjelasan mengenai ketentuan dan tata cara lelang, termasuk pengenalan aplikasi lelang go id. Terdapat empat barang yang dilelang yaitu, tas ransel bermerk, jilbab berkualitas, dan dua barang yang sangat eksklusif, yaitu bola dan jersey pemain bola PSM, Rasyid Bakrie. Sebagaimana diketahui, PSM merupakan klub juara Liga 1 Indonesia tahun 2022/2023 sehingga saat ini animo masyarakat Sulawesi Selatan sangat tinggi menyambut PSM. Mahasiswa Unismuh penuh antusias mengikuti lelang dengan mengangkat papan bidding untuk mengajukan penawaran. Setelah bersaing sengit, semua barang laku terjual. Jersey PSM bernomor punggung 17 bahkan terjual dengan nilai fantastis Rp2.000.000,00. Di akhir segmen, setelah pemenang lelang menerima barang, Arif menyampaikan kejutan dengan menggratiskan barang yang dibeli lelang. Beliau menjelaskan bahwa acara ini merupakan simulasi agar mahasiswa lebih mengenal lelang dan mekanismenya. Untuk selanjutnya, peserta sudah bisa mengikuti lelang, baik secara konvensional maupun melalui lelang go id.

 

Dalam acara tersebut, juga dibagikan banyak doorprize menarik untuk para peserta, termasuk untuk registrasi pertama dan mahasiswa yang aktif posting feed pada akun media sosial. Di akhir acara, mahasiswa Unismuh dan seluruh panitia dari Kanwil DJKN Sulseltrabar menjalin keakraban melalui foto bersama.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini