Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Raih Pendapatan Rp1,6 T, Kinerja APBN April di Sulut Semakin Kuat
Ayutia Nurita Sari
Jum'at, 26 Mei 2023 pukul 13:50:56   |   206 kali

Manado - Sampai dengan April 2023, kondisi perekonomian Provinsi Sulawesi Utara secara umum menunjukkan pemulihan dan penguatan seiring dengan meningkatnya aktivitas perekonomian dan masyarakat. Hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa indikator, diantaranya tingkat inflasi di Sulawesi Utara, dalam periode yang sama untuk Manado dan Kotamobagu juga mengalami inflasi sebesar 3,86 persen dan 5,44 persen, serta neraca (Ekspor Impor) sebesar 69,45 juta USD yang menunjukkan peningkatan dari bulan Maret.

Dari sisi pelaksanakan APBN dan APBD di Sulawesi Utara juga berjalan on track. Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) sekaligus Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara, Nikodemus Sigit Rahardjo dalam Konferensi Pers (Bacirita) ALCo Regional Sulawesi Utara, Jumat (26/05) menyampaikan bahwa sampai dengan April 2023, realisasi pendapatan APBN mencapai Rp1,6 triliun atau sekitar 31,61 persen dari target yang telah ditetapkan.

“Dari sisi Belanja, telah terealisasi sebesar 28,49 persen dari pagu, dengan nilai sebesar Rp6,26 triliun. Sementara Dana Transfer ke Daerah, Belanja Pegawai dan dan Belanja barang menjadi komponen belanja terbesar yang ada. Sampai dengan akhir April 2023 ini, berdasarkan pelaksanaan APBN di Sulawesi Utara tercatat defisit sebesar Rp4,66 triliun,” ungkap Nikodemus.

Ia juga menyampaikan bahwa dari sisi pelaksanaan APBD, Pendapatan daerah telah terealisasi senilai Rp4,88 triliun, dengan komponen Pendapatan dari Dana Transfer menempati proporsi yang signifikan relatif terhadap PAD.

Sementara dari sisi Belanja, Belanja pegawai masih mendominasi komponen belanja, dari realisasi sebesar Rp4,05 triliun, Belanja Pegawai menempati posisi terbesar senilai Rp2,07 triliun diikuti Belanja Barang Rp820,53 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa realisasi penerimaan pajak di Sulawesi Utara sampai dengan akhir April 2023 mencapai Rp1,17 triliun atau telah terealisasi sebesar 30,62 persen dari target penerimaan tahun 2023.

Selain dari penerimaan pajak, salah satu sumber pendapatan APBN adalah dari pendapatan bea dan cukai dimana realisasi sampai dengan akhir April 2023, dilaporkan pendapatan bea dan cukai telah terealisasi sebesar Rp22 miliar.

“Capaian penerimaan Bea Keluar adalah sebesar Rp5,03 miliar, penerimaan Cukai sebesar Rp1,91 miliar, dan Bea Masuk sebesar Rp169 Juta. Terdapat deviasi sebesar 208 persen yang disebabkan oleh peningkatan penerimaan Bea Keluar sebesar 270 persen atas pungutan terhadap Komoditas CPO dan Produk Turunannya,” kata perwakilan dari Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara.

Selain itu, perwakilan dari Kanwil DJKN Suluttenggomalut juga menuturkan mengenai capaian dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari pengelolaan kekayaan negara yang mencapai Rp4,22 miliar, dengan rincian kontribusi PNBP dari pengelolaan BMN sebesar Rp2,22 miliar, pengurusan piutang negara sebesar Rp5,77 juta, dan pelaksanaan lelang sebesar Rp1,99 miliar. (ayu)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini