Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kemenkeu DKI Jakarta Lakukan Press Conference Kinerja APBN Periode sampai dengan April Tahun 2023
Henny Purwanti
Kamis, 25 Mei 2023 pukul 20:10:18   |   295 kali

Jakarta – Kementeruan Keuangan Wilayah DKI Jakarta menyelenggarakan Konferensi Pers APBN Regional DKI Jakarta periode sampai dengan 30 April 2023 pada Kamis, (25/5) yang diikuti oleh para Kepala Kanwil Kementerian Keuangan Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Pada kegiatan yang diadakan secara daring ini, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi Kanwil DJKN DKI Jakarta Didik Hariyanto, menjadi salah satu narasumber bersama dengan para perwakilan dari unit Kementerian Keuangan lainnya di wilayah DKI Jakarta.


Pada kesempatan ini Didik menyampaikan bahwa realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor Pemanfaatan Barang Milik Negara/Aset, Bea Lelang, dan Biaya Administrasi Piutang Negara sampai dengan 30 April 2023 telah mencapai Rp125,04 triliun atau 63,82 persen dari target tahun 2023, yang berarti tumbuh sebesar 11,10 persen dibanding tahun sebelumnya.


Pada penghujung acara disampaikan bahwa DKI Jakarta masih dihadapkan dengan tensi geopolitik yang tinggi, moderasi harga komoditas, suku bunga acuan tinggi, hingga perlambatan pertumbuhan ekonomi. Namun Perekonomian DKI Jakarta yang tumbuh solid diharapkan menjadi pondasi kuat dalam menghadapi risiko global di tahun 2023. Serta dukungan fiskal baik yang berasal dari APBN dan APBD DKI Jakarta terus diupayakan untuk berkontribusi nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat melalui berbagai program prioritas.


Kinerja APBN solid harus terus dijaga, karena peran APBN yang sangat vital bagi ekonomi, antara lain untuk instrumen pembangunan, penjaga kesehatan fiskal, dan momentum transformasi ekonomi. Kewaspadaan harus terus dipertahankan untuk mengantisipasi rambatan risiko dari sektor keuangan dan perekonomian global.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini