Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Peringati 115 Tahun Lelang Indonesia, Delapan Kanwil DJKN Kolaborasi Percepat Digitalisasi Lelang
Hanna Afina Azmi
Jum'at, 24 Maret 2023 pukul 10:47:27   |   284 kali

Jakarta – Sebagai rangkaian peringatan 115 Tahun Lelang Indonesia, delapan kantor wilayah (kanwil) yakni Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh, Kanwil DJKN Sumut, Kanwil DJKN RSK, Kanwil DJKN SJB, Kanwil DJKN Lamkulu, Kanwil DJKN Banten, Kanwil DJKN Jabar, dan Kanwil DJKN Jateng dan DIY berkolaborasi menyelenggarakan webinar nasional dengan tema “Digitalisasi Lelang dalam Ekosistem Ekonomi Digital Menuju _The New Auction Norm_” dengan dihadiri oleh peserta dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Kanwil DJKN, dan Insan Lelang seluruh Indonesia.


Webinar ini menghadirkan Narasumber Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Padjajaran Prof. Dr. H. Ahmad Mujahid Ramli, S.H., M.H. dan Direktur Hukum dan Humas DJKN A. Yanis Dhaniarto dan dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan melalui kanal Youtube Kanwil DJKN Jawa Barat pada Selasa, (21/3).


Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Dudung Rudi H yang menyampaikan bahwa webinar ini penting sebagai antisipasi perubahan proses bisnis lelang yang sedemikian cepat dalam sistem ekonomi digital, sehingga lelang menjadi sarana jual beli yang adaptif dan tidak usang.


Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho juga turut menyampaikan yang menyinggung terkait masih seringnya terjadinya asumsi-asumsi atau pemahaman yang  tumpang tindih antara lelang dan tender. “Diharapkan dengan adanya pelaksanaan webinar ini maka semakin memberikan tambahan pengetahuan mengenai ketentuan lelang guna menjaga akuntabilitas sekaligus efisiensi dan efektivitas dari lelang itu sendiri,” ungkapnya.


Prof. Dr. H. Ahmad Mujahid Ramli, S.H., M.H. memaparkan beberapa topik presentasi yaitu Digital Transformation, Data is a New Oil, Platform Lelang.go.id, dan Regulasi yang Harus Diperhatikan.


Sedangkan Direktur Hukum dan Humas DJKN A. Yanis Dhaniarto memaparkan presentasi mengenai penerapan digitalisasi lelang.go.id serta perbandingan lelang luar negeri (e-bay) dengan lelang.go.id.


Yanis berharap acara ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang digitalisasi lelang sehingga insan lelang tetap bersemangat mendukung kegiatan lelang di Indonesia. Komitmen tersebut untuk mengembangkan lelang Indonesia menuju pasar dunia, ide-ide atau gagasan inovasinya dapat menunjang pertumbuhan lelang di Indonesia.

Diharapkan, lelang dapat beradaptasi dengan sistem atau alat yang terus berkembang agar menarik masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia. (Tim Direktorat Lelang)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini