Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Pekalongan Raih Raih Peringkat I IKPA Tertinggi 2022
Ely Sri Mardiyani
Rabu, 01 Maret 2023 pukul 14:05:29   |   158 kali

Pekalongan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan menerima Piagam Penghargaan Capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tertinggi Kategori Pagu Kecil Periode Tahun Anggaran 2022 dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekalongan pada Selasa, (28/02) di aula KPPN Pekalongan dalam acara Sharing Session Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 dan Kick Off Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bebas dan Melayani (WBBM) KPPN Pekalongan.


Penyerahan penghargaan secara simbolis disampaikan oleh Kepala KPPN Pekalongan Pudji Ardi Susatyo Achmadi kepada Kepala KPKNL Pekalongan Wahyu Setiadi. IKPA merupakan indikator untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/ Lembaga. IKPA tahun 2022 difokuskan pada peningkatan kualitas belanja yang didukung oleh akselerasi belanja dan capaian output agar mampu berkontribusi optimal dalam membentuk outcome perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.


Penilaian IKPA tahun 2022 meliputi tiga aspek yaitu Kualitas Perencanaan Anggaran, Kualitas Pelaksanaan Anggaran, dan Kualitas Hasil Pelaksanaan Anggaran. Terdapat 8 Indikator Kinerja yang dinilai dalam IKPA 2022 yaitu revisi DIPA, deviasi halaman III DIPA, penyerapan anggaran, belanja kontraktual, penyelesaian tagihan, pengelolaan UP dan TUP, dispensasi SPM dan capaian output.


Sepanjang tahun 2022, KPKNL Pekalongan selalu melakukan monitoring secara berkala terhadap pengelolaan DIPA. Salah satu strategi yang dilakukan yaitu dengan melakukan efisiensi dari berbagai aspek, di antaranya adalah penghematan listrik/ air/ telepon, belanja perjalanan dinas, belanja pemeliharaan peralatan/ mesin dan lainnya.  Kerja keras tersebut telah membuahkan hasil dengan perolehan piagam penghargaan capaian terbaik peringkat I tahun 2022. Capaian IKPA KPKNL Pekalongan Tahun 2022 sebesar 95,93 prosen.

Kepala KPKNL Pekalongan Wahyu Setiadi mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh KPPN Pekalongan. “KPKNL Pekalongan bertekad untuk senantiasa melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, karena pada dasarnya, setiap pengeluaran keuangan negara harus dapat dipertanggungjawabkan dan akuntabel,” pungkasnya. (Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini