Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
115 Tahun Lelang Indonesia, Komitmen DJKN Menuju Pasar Lelang Dunia
Muhammad Ridho Arve
Selasa, 28 Februari 2023 pukul 20:08:35   |   352 kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) berkomitmen untuk terus mengembangkan lelang indonesia hingga dapat menembus pasar lelang dunia. Komitmen ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban pada pembukaan kegiatan 115 Tahun Lelang Indonesia (28/2).

Pada kesempatannya, Rionald menyampaikan bahwa mekanisme lelang indonesia senantiasa mengalami perkembangan dan kemajuan. Kemudahan mengakses dan mengikuti lelang khususnya melalui kanal lelang.go.id yang dikelola dan dikembangkan oleh DJKN terus mengalami peningkatan serta penyederhanaan dalam proses bisnisnya. Kemudian, digitalisasi proses lelang serta penguatan regulasi lelang juga tidak lupa menjadi perhatian untuk selalu dikembangan demi memajukan proses lelang di indonesia.

”Mekanisme lelang terus mengalami penyesuaian dengan perkembangan zaman. Tidak berhenti pada proses digitalisasi lelang melalui aplikasi lelang.go.id, saat ini tengah dilakukan re-engineering lelang.go.id dengan melakukan proses peningkatan tata kelola lelang maupun simplifikasi proses bisnis. Tak hanya itu, regulasi lelang juga disesuaikan dengan upaya mekanisme perubahan peraturan maupun pembentukan The New Auction Norm melalui penyusunan RUU Perlelangan,” jelas Dirjen KN.

Perlu dukungan dan kerja keras untuk mewujudkan lelang indonesia agar terus bertumbuh hingga dapat menembus pasar lelang dunia.

“Berangkat dari keyakinan besar bahwa lelang akan menuju pasar lelang dunia, tentu diperlukan dukungan penuh dari seluruh Insan Lelang Indonesia maupun stakeholder agar lelang terus bertumbuh dan menjadi pilihan yang lebih disukai oleh masyarakat dalam pelaksanaan jual beli,” Ungkap Dirjen KN.

Pembukaan secara resmi rangkaian kegiatan 115 Tahun Lelang Indonesia ini juga sekaligus meresmikan kegiatan Kompetisi dan Inovasi Lelang (Kedai Lelang) Produk UMKM Tahun 2023. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2021 yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM melalui lelang.

“Mengingat manfaatnya yang sangat baik, maka kegiatan KEDAI Lelang UMKM perlu dilaksanakan kembali pada tahun 2023. Untuk itu, Dengan ini kegiatan Kompetisi dan Inovasi Lelang Produk UMKM Tahun 2023 secara resmi saya nyatakan DICANANGKAN," ucap Dirjen KN mencanangkan kegiatan Kedai Lelang Produk UMKM Tahun 2023.

Kemudian, rangkaian kegiatan 115 Tahun Lelang yang diawali dengan Webinar Mekanisme Lelang dalam rangka Penegakan Hukum di Indonesia dimulai. (arv)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini