Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Ajak Siswi SMK Al Amiriyah Jaga Aset Negara
Tawassalna Arin Salsabillah
Kamis, 23 Februari 2023 pukul 16:27:39   |   259 kali

Jakarta – Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menerima kunjungan 45 siswi dari SMK Al Amiriyah Lebaksiu Tegal pada Rabu (22/02). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka mengenalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta tugas dan fungsi pokok DJKN kepada para siswi.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat III Johan Wahyu Utomo menjelaskan bahwa DJKN adalah instansi terkaya di Indonesia. “DJKN mengurus sekitar Rp11.000 triliun kekayaan negara. Kalau uang sebanyak itu kita kumpulkan, sepertinya ruang aula ini akan penuh uang. Malah mungkin nggak cukup” tuturnya.

Johan juga menerangkan bahwa salah satu tugas dan fungsi DJKN adalah mengelola kekayaan negara berupa Barang Milik Negara (BMN). “Teman-teman sadar nggak, kalau BMN sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita? Sebagai contoh, jalan-jalan protokol dan jembatan yang kita lewati yang dibangun menggunakan APBN, itu adalah bagian dari BMN,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang bertajuk Visit DJKN ini, Verra Eltania Kusuma, narasumber dari Direktorat Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara (PKKN) memaparkan pentingnya pengelolaan BMN. “BMN berfungsi sebagai pendukung utama layanan publik. Selain itu, karena dibiayai APBN, makanya kita harus jaga BMN yang kita punya,” ungkapnya. Menyinggung APBN, Verra juga menjelaskan gambaran umum APBN, komponen, dan korelasinya terhadap pengelolaan kekayaan negara.

Riyanto selaku perwakilan guru SMK Al-Amiriyah Lebaksiu Tegal berterima kasih kepada DJKN yang telah memberi kesempatan untuk menerima ilmu terkait APBN dan kekayaan negara. “Ini adalah pengalaman pertama kami kesini, luar biasa sekali. Terima kasih banyak karena ini akan menjadi sebuah motivasi dan pelajaran yang berarti. Mudah-mudahan para siswi yang ada disini dapat menjadi penerus kita nantinya,” ucapnya.

Acara yang dikemas dengan fun ini ditutup dengan pengumuman kelompok pemenang dan penobatan peserta terinspiratif yaitu Nurul Ramadhani. Kami mengucapkan terima kasih karena dapat berkunjung ke DJKN. Kami senang sekali bisa ketemu kakak-kakak DJKN, seru banget karena ada games juga. Ilmu yang diberikan juga sangat bermanfaat, terima kasih banyak,” ujar salah satu siswi SMK Al-Amiriyah Lebaksiu Tegal. (mervina&tim humas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini