Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pelatihan Current Issue DJKN untuk Desain Pembelajaran PKN STAN yang Lebih Sesuai dengan Kondisi Terkini
Tawassalna Arin Salsabillah
Kamis, 16 Februari 2023 pukul 22:03:59   |   277 kali

Jakarta – Sebanyak 29 widyaiswara, calon widyaiswara, dan dosen PKN STAN mengunjungi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan untuk mengikuti pembukaan Pelatihan Current Issue Direkorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada Kamis (16/02). Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya pembekalan peserta agar memperoleh informasi terkait perkembangan ataupun perubahan terkait isu strategis di DJKN.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban mendukung penuh program pelatihan ini. “Dengan proses ini, kita bisa meng-update Bapak/Ibu sekalian selaku pengajar/pembimbing dari anak-anak kita di Kementerian Keuangan sehingga isu yang disampaikan oleh Bapak/Ibu itu menjadi update,” ungkapnya. Dirjen KN bahkan mengaku terbuka, mana kala ada peserta yang ingin melakukan secondment dalam rangka recharging pengalaman faktualnya terkait bidang yang diajarkan.

Senada dengan Dirjen KN, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kekayaan Negara dan Perimbangan (Pusdiklat KNPK) Keuangan Heru Wibowo menyatakan bahwa Pelatihan Current Issue ini sangat penting bagi Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), terutama terkait desain pembelajaran agar lebih sesuai dengan kondisi terkini. “Beberapa kebijakan dan peraturan yang kurang update telah kami eliminasi supaya (kegiatan pembelajaran) bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman menjelaskan beberapa Current Issue DJKN, antara lain:

  1. Optimalisasi Barang Milik Negara dalam rangka perpindahan Ibu Kota Negara;
  2. Pengelolaan berbagai macam aset;
  3. Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI);
  4. Perumusan RUU Penilaian termasuk kebijakan terkait berbagai jenis penilaian;
  5. Peran Lelang dalam perekonomian nasional; hingga
  6. Pengembangan Jabatan Fungsional di bidang kekayaan negara dan pengembangan sistem informasi DJKN.

Keenam Current Issue tersebut akan disampaikan langsung oleh direktorat teknis terkait yang terbagi dalam 8 sesi dan diselenggarakan selama dua hari, yakni pada tanggal 16 dan 17 Februari 2023.

Di akhir sesi pembukaan Pelatihan Current Issue ini, Dirjen KN berharap agar kegiatan ini dapat menghasilkan berbagai insights baru di sisi akademisi untuk memberikan solusi terhadap isu-isu strategis yang dihadapi DJKN. (bk/taw)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini