Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalbar, Wamenkeu Minta UMKM Semakin Diberdayakan
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Selasa, 14 Februari 2023 pukul 10:04:05   |   237 kali

Pontianak – Direktorat Jenderal kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat mengikuti rangkaian kegiatan Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kemenkeu Satu Kalimantan Barat dimana Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara hadir dan membuka acara tersebut pada Rabu, (8/2) di Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Barat.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi  Kalimantan Barat bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).


Pada hari pertama kegiatan ini, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Barat yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat Kukuh Sumardono Basuki meberikan laporan kegiatan yang dilanjutkan oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan sebagai salah satu kabupaten yang memiliki areal kebun sawit terluas dan salah satu daerah penghasil kelapa sawit terbesar di nusantara, memberikan testimoninya tentang peran strategis BPDP KS dalam pemberdayaan UMKM di sekitar lahan perkebunan kelapa sawit.


Direktur Utama BPDP KS Eddy Abdurrachman memberikan selayang pandang BPDP KS serta Direktur Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Astera Primanto Bhakti berkenan memberikan sambutannya pada prosesi peluncuran Call Centre BPDP KS.


Di tempat yang sama, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memberikan sambutan. Plt Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat DJKN Kalimantan Barat Darnadi, dan M Ariftika, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak turut hadir dalam acara ini.

Hari pertama kegiatan ini juga diadakan kegiatan lomba mewarnai dengan tema Anak dan Sawit. Penampilan band-band pengiring kegiatan seperti Taxic Band dari DJP, Prakarya Band dari DJPb dan Band X Cise dari DJBC menambah kesemarakan dan kemeriahan selama kegiatan berlangsung sejak hari pertama hingga hari terakhir.


Sedangkan hari kedua kegiatan, diadakan kegiatan Loka Karya dan Temu Bisnis UMKM dilanjutkan dengan kegiatan Pemadanan NIK dan NPWP yang dikomandoi oleh rekan-rekan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang dilanjutkan dengan kegiatan Pengenalan Manfaat Minyak Kelapa Sawit Merah.


Sedangkan pada Jumat (10/2) pagi yang merupakan hari ketiga kegiatan, Wamenkeun Suahasil Nazara yang pernah menjadi  anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan bidang Desentralisasi Fiskal (2009-2011) dan juga aktif di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus, serta pernah memegang jabatan Wakil Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada periode 2009-2015 membuka kegiatan Fun Bike dan  Kemenkeu Satu Berbagi dari halaman Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat. Pada kegiatan ini juga dilakukan bakti sosial berupa penyerahan bingkisan kepada warga panti Panti Asuhan Catur Dharma Yatim PEPABRI yang berlokasi di Jalan Harapan Jaya Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak.


Pada hari ketiga kegiatan ini, DJKN Kalimantan Barat yang terdiri atas Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak mengambil peranan sebagai PIC kegiatan Talkshow Lelang dan Lelang UMKM serta pelaksanaan Lelang UMKM secara live serta Lelang Amal. Keseruan pelaksanaan Lelang Amal nampak terlihat pada saat pelaksanaan Lelang Amal dari begitu banyaknya jumlah peserta lelang dan animo para peserta lelang yang beramai-ramai aktif mengangkat bidding card-nya untuk barang-barang Lelang Amal yang diminatinya sehingga terjadi kompetisi di antara para peserta lelang membuat terbentuk harga pokok lelang yang berlipat-lipat dari Harga Limit Lelang.


Begitu juga meja registrasi peserta lelang terus melayani para calon peserta lelang baru yang terus berdatangan tidak ada putus-putusnya. Keseruan pelaksanaan Lelang Amal ini juga berkat dipandu oleh para MC kegiatan dan Pelelang (Juru Lelang) dari panggung kegiatan. Seluruh hasil dari pelaksanaan Lelang Amal ini seluruhnya disumbangkan untuk kegiatan amal.


Sedangkan pada kegiatan Kemenkeu Satu Got Talent yang juga masih merupakan rangkaian agenda dalam kegiatan ini berupa penampilan hiburan dan pentas seni. Hiburan di tampilkan pada setiap kegiatan dalam sinergi pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalimantan Barat, meliputi homeband, menyanyi, dan standup comedy dari para pejabat/pegawai Kementerian Keuangan Kalimantan Barat. Sedangkan, pentas seni diisi dengan lomba paduan suara dan tari tradisional.


Pada kegiatan ini, DJKN Kalimantan Barat ikut berpartisipasi dengan mengirimkan tim paduan suara. Tim paduan suara DJKN Kalimantan Barat kali ini membawakan 3 (tiga) buah lagu yaitu Mars DJKN, Indonesia Jaya dan Cik Cik Periuk. Serunya lagi pada penampilan tim paduan suara ini, para pegawai DJKN Kalimantan Barat menggunakan busana tradisional adat dari daerah-daerah Nusantara termasuk pakaian adat khas Dayak Kalimantan Barat dengan warna khas merah menyalanya.


Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan semakin meningkatkan sinergisitas di antara unit-unit Kementerian Keuangan yang ada di Kalimantan Barat dan UMKM yang tersebar ada di Kalimantan Barat semakin bisa diberdayakan. Sehingga akan bisa semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar bisa ikut mensukseskan program-program pembangunan pemerintah. (Penulis: Arya Putra/Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalimantan Barat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini