Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Bukukan Transaksi Lelang Sebesar Rp35 Triliun di 2022
Bhika Arnanda Chary Widjaya
Jum'at, 20 Januari 2023 pukul 15:45:58   |   189 kali

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bukukan nilai transaksi lelang sepanjang 2022 sebesar Rp35 triliun. Hal ini diungkap oleh Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto dalam media briefing yang digelar secara daring di Jakarta pada Jumat (20/1).

 

Pada sisi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lelang, Joko menyebutkan ada penerimaan sebesar Rp850 miliar dari transaksi lelang. Jumlah ini belum termasuk hasil penjualan yang langsung masuk kas negara sebesa Rp1.571 miliar, penerimaan pajak Rp266 miliar, dan pajak daerah sebesar Rp93 miliar. Sehingga total penerimaan negara karena adanya transaksi lelang ini, mencapai Rp2,7 triliun.

 

Nilai traksaksi lelang didominasi oleh Lelang Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan (UUHT) sebesar 29,34 persen sebesar Rp9 triliun, Jenis lelang lainnya yang memberi kontribusi besar antara lain, Lelang Harta Pailit sebesar Rp2 triliun, dari Lelang Sukarela Rp13 triliun, Lelang BMN/D (selain Bea Cukai) Rp0,8 triliun, Lelang Barang Rampasan/Sitaan Kejaksaan Rp0,6 triliun, dan dari Lelang Eksekusi Pengadilan Rp0,4 triliun.

 

Joko mengungkapkan Dari pelaksanaan lelang selama 2022, setidaknya ada tiga peran besar lelang. Pertama, untuk membantu menggerakkan roda perekonomian dengan meningkatkan potensi nilai barang dan potensi terbukanya lapangan kerja, tercatat nilai transaksi sebesar Rp23 triliun. Salah satu upaya untuk memperkuat peran ini, DJKN menjalankan program untuk mendukung pemberdayaan UMKM melalui Lelang UMKM. Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan lelang sebagai sarana memperluas pasar produknya melalui website lelang.go.id. Tercatat, sejak tahun 2020 s.d. 2022, 936 pelaku UMKM telah memanfaatkan lelang dan terdapat 11.206 lot produk UMKM yang telah dilelang. 

 

Peran kedua, adalah membantu pemulihan keuangan negara dan penegakan hukum (law enforcement). DJKN menjalankan peran ini melalui lelang barang rampasan, sitaan, dan barang milik negara (BMN), dengan nilai transaksi sebesar Rp2 triliun. Dan yang ketiga, lelang berperan membantu penyelesaian non performing loan dan mendukung fungsi intermediasi perbankan melalui pencairan agunan dengan penjualan melalui lelang, tercatat nilai transaksi mencapai Rp10 triliun. 

 

Joko berharap tahun 2023 dapat melanjutkan tren positif capaian lelang. “jika kita lihat 5 tahun terakhir, capaian lelang meunjukan tren yang positif, saya berharap di tahun 2023 kita dapat meneruskan tren positif untuk Pokok Lelang dan PNBP Lelang,” ujarnya.

 

Menutup media briefing, Joko memberikan edukasi terkait modus penipuan lelang kepada rekan media yang hadir, “Hati-hati penipuan lelang ya, tidak pernah ada DP untuk pembelian objek lelang, uang jaminan lelang selalu disetorkan ke rekening bendahara, bukan ke rekening pribadi. Jika ada yang mencurigakan terkait lelang dapat hubungi Halo DJKN 150 991,” pungkasnya. (bk)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini