Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Menkeu Tinjau Festival UMKM Mini Expo di Malang
Lutfia Novitasari
Kamis, 19 Januari 2023 pukul 15:24:32   |   113 kali

Malang – Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati beserta Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan seluruh jajaran pejabat eselon I pada Kementerian Keuangan turut mendampingi, termasuk Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengunjungi Festival UMKM Mini Expo sebagai salah satu kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 pada Rabu, (18/1) di halaman Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang dengan mengusung tema Malang Tempoe Doeloe.

Selain unsur dari Kementerian Keuangan, unsur Pemerintah Daerah juga turut hadir antara lain Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bupati Kabupaten Malang Sanusi, dan Walikota Kota Malang Sutiaji.  

Dalam kegiatan ini seluruh jajaran Kemenkeu Satu di wilayah Malang Raya turut serta memeriahkan acara bersama dengan UMKM yang berada dalam Program Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu. Selain itu beberapa program UMKM lainnya juga turut berpartisipasi, antara lain Program UMKM Financing Empowerement (U-FinE), UMKM Binaan Bank Penyalur KUR, dan Penerima Pembiayaan Ultra Mikro (UMi-PIP). 

Festival UMKM Mini Expo ini tersusun atas dua kegiatan acara, yaitu Bazaar UMKM dan Sosialisasi Kemenkeu Satu Mendukung UMKM Maju. Untuk kegiatan bazaar, KPKNL Malang mengajak suatu komunitas yang bernama “Peri Elang”, yaitu salah satu komunitas yang mewadahi beberapa produk sektor UMKM di Kabupaten Malang. Di antaranya, produk sulam, bordir, aksesories dan home decor, rajut dan macrame, produk daur ulang, lukis dan decopage, shibori, ecoprint, serta sewing projects/ jahit menjahit

Sedangkan dalam kegiatan Sosialisasi KPKNL Malang yang diwakili oleh Kartini Apriani Masyur dan Eny Widiyanti menyampaikan materi dengan tema “Peran KPKNL dalam Memberdayakan UMKM”. 

Kegiatan ini ditutup dengan kunjungan Sri Mulyani Indrawati bersama para tamu undangan ke stand-stand di bazaar UMKM, termasuk stand KPKNL Malang – Komunitas Peri Elang. Bahkan Sri Mulyani dan Rionald Silaban sempat menyanyikan jingle Lelang bersama dengan rekan-rekan dari KPKNL Malang. 

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk UMKM ke pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan omzet penjualannya dan turut serta memperkuat perekonomian nasional.

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini