Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Belajar Kekayaan Negara, SMK Karya Bhakti Brebes Kunjungi DJKN
Bend Abidin Santosa
Rabu, 11 Januari 2023 pukul 12:03:27   |   92 kali

Jakarta - Sebanyak 62 siswa/siswi dengan dua guru pendamping SMK Karya Bhakti Brebes mengunjungi kantor pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk belajar tentang kekayaan negara pada Selasa, (10/1) di aula Kantor Pusat DJKN, Jakarta. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memperdalam pengetahuan para siswa/siswi terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan tugas dan fungsi DJKN salah satunya terkait dengan barang milik negara (BMN).

Direktur Hukum dan Humas DJKN Tri Wahyuningsih Retno Mulyani memaparkan terkait gambaran besar tusi DJKN diantaranya pengelolaan BMN, lelang, piutang negara dan kekayaan negara dipisahkan (KND). “Kita mempunyai dua sisi pengelolaan kekayaan negara yang kita dapat dari APBN yang kita dapat dari uang kalian atau pajak yang kemudian salah satunya kita gunakan untuk BMN seperti jalan tol, sekolah, dan lainnya,” ujarnya.

Narasumber lainnya, Penilai Pemerintah Ahli Pertama Rizka Utami memaparkan secara umum terkait APBN. Ia menganalogikan APBN dengan pengoperasian rumah tangga, dimana terdapat kebutuhan yang harus dibayarkan dan pendapatan yang didapatkan oleh orang tua. “Hanya saja, APBN digunakan dalam konteks yang lebih luas yaitu negara,” ungkapnya. Rizka yang juga merupakan Duta Melek APBN juga memaparkan terkait komponen APBN, kebijakan utang pemerintah, serta pengelolaan BMN yang menjadi tugas fungsi utama DJKN.

Di tempat yang sama, Perwakilan guru SMK Karya Bhakti Brebes Deni Jatmiko berterima kasih kepada DJKN yang telah menerima dan memberikan ilmu terkait APBN dan kekayaan negara. “Terima kasih bapak ibu yang telah menerima kami untuk memperdalam ilmu mengenai kekayaan negara,” ucapnya. 

Usai pemaparan narasumber, para siswa/siswi SMK Karya Bhakti Brebes yang telah terbagi ke dalam delapan kelompok diarahkan untuk melakukan office tour secara berkelompok yang ditemani oleh liaison officer masing-masing kelompok selama 30 menit. Office tour ini dilakukan untuk mengenalkan tugas dan fungsi masing-masing direktorat yang terdapat pada DJKN.

Acara ditutup dengan pengumuman kelompok terbaik, unggahan Instagram terbaik, serta penobatan salah satu siswa bernama Vina Damayanti menjadi Agen Jaga Aset Negara. “Seru banget, tadi belajar APBN dapat banyak informasi baru dan jadi kenal dengan aplikasi-aplikasi DJKN,” ujar salah satu siswa SMK Karya Bhakti Brebes.

Kegiatan diharapkan menjadi salah satu kanal DJKN untuk mengenalkan kekayaan negara kepada pelajar agar lebih menjaga aset negara. (aurora&tim humas)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini