Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sambut Tahun 2023, Direktorat Lelang Susun Target Kinerja yang Challenging dan Berkualitas
Nadia Safira
Senin, 09 Januari 2023 pukul 08:45:56   |   77 kali

Jakarta - Menyongsong tahun baru 2023, Direktorat Lelang menyelenggarakan One on One Meeting Penyusunan target kinerja lelang untuk Tahun 2023 yang melibatkan Kanwil DJKN di seluruh Indonesia yang dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu-Jumat, (4-6/1).

Dalam sambutannya, Direktur Lelang Joko Prihanto mengatakan bahwa kegiatan one on one meeting ini dilaksanakan demi mengakomodir kebutuhan kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL), kanwil, maupun pejabat fungsional atas informasi terkait penyusunan target yang berkualitas.


Penyusunan target kinerja lelang tahun 2023 selain memperhatikan beberapa indikator (usulan target dari Kanwil, perhitungan analitik serta realisasi tahun 2021 dan 2022) juga mempertimbangkan Kualitas Komitmen Kinerja (K3), yang salah satu komponen penilaiannya adalah dari Nilai Kualitas Target IKU selain Nilai Kualitas IKU itu sendiri.


“Diharapkan nilai K3 pada organisasi akan lebih merefleksikan kinerja riil dan mendiferensiasi kinerja antar unit secara objektif, hal sama diharapkan pula pada hasil penilaian K3 terhadap HKU (Hasil Kinerja Utama-red) pegawai,” ujarnya.

Rencana target kinerja lelang tersebut, lanjutnya, akan ditetapkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara untuk selanjutnya menjadi acuan pada masing-masing kantor vertikal DJKN.


Dalam kegiatan dimaksud, terdapat sesi penyampaian materi tentang teknis penyusunan target yang berkualitas, dipandu langsung oleh oleh Kepala Subbagian Pengelolaan Kinerja dan Risiko Yogi Gumilar.


Yogi mengatakan kinerja pada Direktorat Lelang diukur berdasarkan capaian hasil yang diperoleh dari target yang telah ditetapkan, antara lain dapat dilihat dari sisi pokok lelang, PNBP, maupun produktivitas lelang. “Guna mencapai tujuan tersebut, diperlukan usaha yang lebih besar terlebih pada masa transisi setelah diangkatnya status PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat-red) di Indonesia.


Sedangkan Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Lelang Wisnu Ary Pratama menyampaikan bahwa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Direktorat Lelang berusaha memaksimalkan kualitas target dengan mempertimbangkan angka hasil analisa tren capaian kinerja selama beberapa tahun terakhir. “Sehingga dalam menyusun target kinerja lelang ini, Direktorat Lelang menawarkan beberapa opsi target dilihat dari proyeksi yang didasarkan atas tren capaian pada tahun sebelumnya maupun dari proyeksi atas potensi yang mungkin didapatkan di tahun 2023 mendatang,” ujarnya.

 

Seluruh Kanwil dan perwakilan KPKNL mendapatkan waktu secara bergilir untuk menyusun target dan berkonsultasi secara langsung dengan Direktorat Lelang. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, target yang disusun untuk tahun 2023 akan semakin berkualitas dan menantang. Rencana target kinerja lelang tersebut pada akhirnya akan ditetapkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara agar nantinya dapat menjadi acuan kinerja lelang di masing-masing kantor vertikal DJKN. (Redaksi dan Foto : Dit Lelang DJKN)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini