Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Gelar Konpres APBN, Kanwil DJKN Sulseltrabar Peroleh PNBP Rp57,78 Miliar
Charles Jimmy
Rabu, 28 Desember 2022 pukul 21:05:32   |   113 kali

Makassar – Kantor Wilayah Direktorat Jendral kekayaan Negara Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (DJKN Sulseltrabar) memperoleh penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp57,78 miliar. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Umum DJKN Ircham saat Konferensi pers Terkait Pencapaian APBN yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan  secara daring pada Selasa, (28/12).


Acara tersebut dihadiri seluruh perwakilan eselon II Kementerian Keuangan yaitu Kanwil Ditjen Pajak Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara, Kanwil Ditjen Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Selatan.


Kepala Bagian Umum DJKN Ircham menguraikan capaian PNBP dari pengelolaan barang milik negara (BMN) sampai dengan bulan November tahun 2022 sebesar Rp28,9 miliar atau 105,4 persen dari target. Dalam paparanya, ia menjelaskan aset negara proyek strategis nasional (PSN) di Sulawesi Selatan yang didanai oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sampai degan bulan November 2022 sebesar Rp2 triliun. Aset tersebut diantaranya berlokasi di bendungan di Gowa, Takalar dan Wajo, jaringan irigasi di Luwu Utara dan jalur kereta api Makassar-Parepare.


“Realisasi pokok lelang dan PNBP lelang di Sulsel sudah lebih dari target yang ditetapkan,” ujar Ircham. Dari sisi kinerja pelayanan lelang di Sulawesi Selatan, pokok lelang yang sudah terealisasi sebesar Rp1,55 triliun yang menghasilkan PNBP sebesar Rp28,6 miliar.


Dengan demikian, lanjutnya, total capaian PNBP dari pengelolaan BMN, lelang dan piutang negara untuk wilayah Sulawesi Selatan sampai dengan 31 November 2022 adalah Rp57,78 miliar atau 104 persen dari target yang ditetapkan yaitu Rp55,55 miliar.

Ia menyampaikan kanwil DJKN bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) telah menerbitkan 1.086 laporan penilaian untuk wilayah Sulawesi Selatan dengan nilai Rp2,001 triliun. Realisasi penilaian tersebut diantaranya penilaian barang milik daerah (BMD) sebesar Rp902,1 miliar dan aset selain BMD sebesar Rp424,8 miliar.


Irham juga menjelaskan DJKN telah menyiapkan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan untuk mencapai target kinerja tahunan. “Beberapa kegiatan yang disiapkan yaitu penanganan perkara, konfirmasi persetujuan pemanfaatan BMN yang belum ditindaklanjuti, publikasi hibah Kementerian Pekerjaan Umum dan penyelesaian sisa target sertifikasi BMN,” ungkapnya.


Ia berharap semoga kerja sama ini di tahun 2022 yang sudah luar biasa dapat ditingkatkan di tahun depan. “Kita sama-sama menjaga APBN dan memakmurkan masyarakat Sulawesi Selatan juga merawat aset-aset BMN yang ada di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya,” tegasnya. Terakhir, Ircham juga mengapresiasi kolaborasi Kemenkeu Satu dalam upaya mengawal APBN guna menjaga perekonomian Sulawesi Selatan semakin kuat.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini