Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kinerja APBN Terjaga, Kemenkeu Kalbar Dukung Pemulihan Ekonomi Masyarakat
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Rabu, 28 Desember 2022 pukul 11:38:18   |   158 kali

Pontianak - Sebagai wujud akuntabilitas pengelolaan APBN di Wilayah Kalimantan Barat, Perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Kalimantan Barat yakni Kanwil Direktorat Jenderl Perbendaharan (DJPb) Provinsi Kalimantan Barat, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Barat, Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Barat, Kanwil Direktorat Jendela Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat, dan Blai Diklat Keuangn (BDK) Pontianak kembali mengadakan Konferensi Pers APBN  Kalimantan Barat Edisi Desember Tahun 2022 secara hybrid pada Selasa, (27/12) untuk membahas dan memaparkan informasi kepada publik mengenai kinerja APBN Kalbar realisasi hingga 30 November 2022.


Plt. Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat Darnadi menyampaikan bahwa penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berasal dari DJKN Kalimantan Barat untuk realisasi capaian sampai dengan November 2022 total sebesar Rp24,307miliar atau 89,56 persen dengan rincian PNBP aset BMN sebesar Rp16,767 miliar. “Sedangkan PNBP dari Biad Piutang negara dengan total sekitar  Rp15,315 juta dan PNBP bea lelang sebesar Rp7, 524 miliar,” ujarnya.


Sebagai informasi, situasi pandemi Covid-19 masih cukup terkendali baik di tingkat global maupun domestik, di mana Indonesia berhasil mengendalikan gelombang pandemi terakhir. Sementara itu, harga komoditas global masih volatile meski beberapa sudah menunjukkan tren penurunan. Hal ini tak lepas dari pelemahan demand dan perbaikan pasokan yang mulai mendorong moderasi beberapa komoditas energi dan pangan.


Di sisi domestik, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 diperkirakan menguat signifikan. Hal ini sejalan dengan tren penguatan pemulihan dalam tiga kuartal pertama 2022, serta senada dengan pertumbuhan indikator perekonomian yang masih relatif kuat meski menunjukkan tren penurunan seiring perlambatan global.


Tren pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menguat tentu tak lepas dari kinerja baik Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang berlanjut hingga pertengahan bulan Desember 2022. APBN hadir di masyarakat, melalui belanja negara dan pembiayaan investasi yang terakselerasi, didukung lonjakan pendapatan negara dan realisasi pembiayaan utang yang terjaga dengan baik. Meski demikian, kinerja solid APBN 2022 diharapkan terjaga diimbangi komitmen disiplin fiskal yang kuat, dan bersiap mengantisipasi ketidakpastian dan konsolidasi fiskal di 2023. (Ditulis oleh: Arya Putra/ Bidang KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini