Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dengan “BERANI”, KPKNL Gorontalo Raih WBBM Tahun 2022
Yus Iriyanto Ilahude
Jum'at, 16 Desember 2022 pukul 14:22:54   |   163 kali

Gorontalo – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada unit kerja yang berhasil menerapkan reformasi birokrasi dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penghargaan tersebut diberikan pada salah satu agenda acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) Kementerian Keuangan Tahun 2022 yang diselenggaran secara daring dan luring pada Selasa, (13/12) di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan.


Sebelumnya, KPKNL Gorontalo telah meraih predikat sebagai kantor yang berhasil mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2020 lalu. Pada peringatan Hakordia tahun ini yang dihadiri langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, sebanyak 83 unit kerja Kementerian Keuangan di tahun 2022 yang meraih predikat WBBM dan 186 unit kerja yang meraih WBK.


Berbagai langkah dilakukan oleh KPKNL Gorontalo dalam rangka mencapai WBBM tersebut. Dimulai dari pencanangan Zona Integritas WBBM pada November tahun lalu. Dengan mengusung motto Bersih Melayani (BERANI) atau dalam bahasa Gorontalo berarti “Timamango Molango”. Timamango dalam Bahasa Gorontalo berarti Melayani sedangkan Molango berarti bening/bersih, apabila disatukan dapat berarti pelayanan yang bersih. Motto tersebut benar-benar menjiwai dan memberikan semangat kepada seluruh unsur dalam KPKNL Gorontalo dalam mewujudkan WBBM.


Selain itu, KPKNL Gorontalo melakukan berbagai pembenahan dan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Beberapa inovasi yang dilakukan itu antar lain WA Layanan Terpadu, Warung Bakumpul, BPHTB Online, KSWP Online, Kedai Lelang Bakumpul, dan LEGO. Inovasi tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai pengguna jasa karena pelayanan menjadi lebih mudah, cepat, dan bisa dilakukan darimana saja. Bahkan beberapa aplikasi tersebut telah diduplikasi oleh satker lain untuk diterapkan di tempat mereka.


Kepala KPKNL Gorontalo Iwan Darma Setiawan menyatakan bahwa penghargaan WBBM yang diraih KPKNL Gorontalo merupakan hal yang patut disyukuri karena kerja keras selama ini memperoleh hasil yang membanggakan. Ia mengharapkan agar semua unsur KPKNL Gorontalo agar menjaga predikat WBBM sebaik-baiknya dengan memegang teguh integritas dalam melakukan pelayanan.

“Predikat WBBM ini bukan merupakan tujuan akhir, melainkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan jangka panjang yaitu menjadikan WBBM menjadi budaya kerja KPKNL Gorontalo. Melakukan setiap pekerjaan dengan senantiasa memberikan pelayanan prima dan penuh integritas harus melekat pada setiap pegawai. Dengan demikian, walaupun terjadi mutasi dan terjadi pergantian pegawai, tidak akan mempengaruhi kinerja KPKNL Gorontalo. Kelak, 5 atau 10 tahun akan lahir calon-calon pemimpin yang penuh integritas dari KPKNL Gorontalo,” harap Iwan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini