Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sah! KPKNL Bima Raih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
Ahmad Girindra Wardhana
Jum'at, 16 Desember 2022 pukul 12:37:05   |   232 kali

Bima - Pejabat dan Pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Anti korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2022 yakni Speech Series bertema “Integritas Tangguh, Pulih Bertumbuh”. Acara ini diselenggarakan secara live melalui Aplikasi Zoom dan Youtube Kementerian Keuangan, Itjen Kemenkeu dan BPPK pada Rabu, (13/12). Acara yang diisi oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati ini menyampaikan terkait hasil pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dimana KPKNL Bima dianugerahi Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada tahun 2022.

KPKNL Bima merupakan satu dari 36 Unit Kerja di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berhasil lolos penilaian WBBM oleh Tim Penilai Nasional (TPN). Prestasi ini merupakan hasil akhir dari perjuangan panjang KPKNL Bima dalam melaksanakan pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju WBBM yang dilaksanakan sejak Triwulan IV Tahun 2021 sampai Desember 2022. Berawal dari deklarasi Pencanangan ZI Menuju WBBM yang dilaksanakan pada Bulan Desember 2021, KPKNL Bima berkomitmen untuk meingkatkan pelayanan kepada Pengguna Layanan KPKNL Bima baik stakeholder maupun masyarakat.

Sebagai tindak lanjut terkait komitmen tersebut, dilaksanakan Sharing Knowledge tentang Service Excellent yang bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia Cabang Bima. Kemudian KPKNL Bima juga mewujudkan semangat pelayanan prima melalui beberapa inovasi yang diberikan kepada masyarakat yakni program KPKNL Bima BERTEMAN (Belajar Interaktif Manajemen Aset Negara), lalu KPKNL Bima Mobile, KPKNL Bima Mendengar, dan yang tidak kalah penting adalah peluncuran aplikasi monitoring layanan oleh stakeholder melalui Aplikasi MELATI (Media Layanan Terintegrasi).

Tidak lupa, KPKNL Bima juga melaksanakan sinergi dengan unit Kementerian Keuangan yang berada di Bima dan Sumbawa melalui pembentukan Forum Kemenkeu Satu Bima yang terdiri dari KPKNL Bima, KPPN Bima, dan KPP Pratama Raba Bima. Kemudian ada Forum Kemenkeu Satu Sumbawa yang terdiri dari KPKNL Bima, KPP Pratama Sumbawa Besar, KPPN Sumbawa Besar, dan KPP BC Tipe Madya Pabean C Sumbawa. Kedua forum tersebut hadir untuk melaksanakan beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas secara internal Kementerian Keuangan maupun kualitas pelayanan kepada Stakeholder maupun Masyarakat.

Selain itu, dalam proses pembangunan ZI WBBM di lingkungan KPKNL Bima juga dilaksanakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan sinergi dengan pemerintah daerah setempat seperti Pemerintah Kota Bima, Pemerintah Kabupaten Bima, Pemerintah Kabupaten Dompu, Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat terkait pengelolaan aset seperti Penilaian Barang Milik Daerah (BMD) dan Lelang BMD. Sinergi juga terus digencarkan KPKNL Bima dengan Satuan Kerja di Wilayah Kerja KPKNL Bima.

Prestasi WBBM yang diarih KPKNL Bima ini merupakan hasil kerja keras semua pegawai KPKNL Bima, dukungan pimpinan DJKN dan Kementerian Keuangan serta para Stakeholder dan Masyarakat. Untuk itu, KPKNL Bima menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi maksimal dalam proses pembangunan ZI WBBM di lingkungan KPKNL Bima. Predikat WBBM yang diraih ini diharapkan mampu menjadi trigger kepada satuan kerja / K/L lainnya untuk dapat meraih predikat ZI WBK/WBBM.

Dengan diarihnya predikat WBBM oleh KPKNL Bima ini, diharapkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi dan melayani secara prima kepada satuan kerja maupun masyarakat akan semakin tumbuh dan berkembang sebagaimana semangat awal dalam pembangunan ZI WBBM yang telah dikomitmenkan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini