Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil DJKN Sulseltrabar Raih WBK
Charles Jimmy
Kamis, 15 Desember 2022 pukul 07:18:46   |   55 kali

Makassar - (14/12) Kerja keras itu berbuah hasil baik. Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2022. Hasil penilaian Tim Penilai Nasional Kementerian Keuangan yang berkolaborasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ombudsman Republik Indonesia menunjukkan Kanwil Sulseltrabar sebagai salah satu dari 16 unit kerja di DJKN yang berhasil memperoleh predikat membanggakan tersebut.

Piagam penghargaan WBK diberikan oleh Menteri Keuangan dan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Menteri Keuangan kepada perwakilan unit kerja Kementerian Keuangan dalam acara Puncak Peringatan Hakordia Kementerian Keuangan Tahun 2022 di Jakarta pada Selasa pagi (13/12).

Perjuangan meraih predikat WBK bukan hal mudah. Persiapan sudah dimulai pada triwulan IV tahun 2021 melalui pembentukan tim, agen perubahan dan koordinasi kerja. Pembangunan WBK meliputi kegiatan penyiapan dokumen administratif, perbaikan layanan, dan penyusunan inovasi. Secara rutin diadakan monitoring dan evaluasi atas kinerja tim dan rencana kerja berikutnya. Selain itu, dilakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan gratifikasi, pemberantasan korupsi dan whistle blowing system. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholders, juga digelar sharing session bersama Bank Rakyat Indonesia dan Bank Mandiri.

Setelah penyiapan dan pembangunan di unit kerja, dilanjutkan dengan penilaian oleh Tim Penilai nasional. Kegiatan penilaian meliputi tahapan desk evaluation, survei eksternal, field evaluation, mystery shopping, permintaan clearance kepada Aparat Pengawas Internal Pemerinath (APIP), KPK dan Ombudsman dan sidang pleno.

Kegiatan pembangunan WBK tersebut tak lepas dari kepemimpinan Kepala Kanwil Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana dan melibatkan secara aktif seluruh pejabat, pegawai, termasuk PPNPN. “Alhamdulillah. Terima kasih rekan-rekan pejabat dan jajaran kanwil DJKN Sulseltrabar, menoreh prestasi WBK. (Ini) kenangan manis saya menjelang purnabakti,” begitu pesan singkat Ekka dalam grup komunikasi kantor setelah pengumuman hasil sidang pleno. Ya, Ekka akan mengakhiri masa bakti di Kementerian Keuangan cq DJKN pada akhir tahun 2022. Bagi para punggawa Kanwil DJKN Sulseltrabar, ini tentunya adalah salah satu peninggalan terbaik dari Kakanwil Sulseltrabar Ekka S Sukadana yang telah memimpin dan menunjukkan keteladanan dalam tiga tahun terakhir.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini