Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Meriahkan HAKORDIA 2022, KPKNL Surabaya gelar Lelang Barang Eks Gratifikasi KPK
Galuh Mafela Mutiara Sujak
Jum'at, 02 Desember 2022 pukul 16:21:56   |   262 kali

Surabaya - Pada tahun 2022 kali ini, Surabaya menjadi host acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Alun-alun Surabaya  yang berlangsung pada 1-2 Desember 2022. Alun - Alun Kota Surabaya menjadi panggung dan booth dari berbagai Instansi Pemerintah yang menyemarakkan acara  Hakordia.


Salah satu rangkaian acara Hakordia adalah Lelang Barang Eks. Gratifikasi KPK sebagai tindak lanjut atas pelaporan gratifikasi kepada KPK yang merupakan bagian dari upaya Pencegahan Korupsi. Lelang dilaksanakan dengan 14 barang gratifikasi antara lain: Kemeja Batik Danar Hadi, Jersey Timnas Indonesia 2020, dua kain batik Merk Riana Kesuma, Jam Tangan Alexandre Christie 9601MC, dua Parfume HMNS, Handphone Samsung Galaxy Note 20, Cincin Emas 16K 9,45gram, Galaxy Buds Pro, Tas Wanita Merk Coach, Sepatu Pria Merk Hush Puppies, Samsung Galaxy 4 Classic Watch, dan jam tangan couple Alexandre Christie.


Lelang secara e-konvensional dan konvensional

Ke 14 barang tersebut dilelang dalam dua sesi, yakni sesi pertama pukul 09.00 yang dilakukan secara e-konvensional, dan sesi kedua yang dilaksanakan secara konvensional. Lelang e-konvensional, peserta lelang melakukan penyetoran uang jaminan melalui Virtual Account yang diperoleh dari website lelang.go.id.


Selanjutnya pelaksanaan lelang dilaksanakan secara tatap muka. Sedangkan lelang konvensional merupakan lelang yang dilaksanakan secara langsung (tatap muka) baik saat pendaftaran dan penyetoran uang jaminan, maupun saat pelaksanaan lelang. Dengan demikian, untuk keperluan lelang konvensional, khusus pada acara HAKORDIA kali ini KPKNL Surabaya membuka booth lelang yang digunakan untuk pendaftaran, pembayaran uang jaminan, pengembalian uang jaminan, serta pelunasan dan pengambilan barang lelang.


Lelang Barang Eks. Gratifikasi digelar di panggung utama acara HAKORDIA yang dipimpin oleh Pejabat Lelang Ferry Hidayat. Sebelum penawaran lelang dimulai, KPKNL Surabaya menggelar display barang-barang tersebut kepada seluruh peserta, sehingga peserta dapat melihat dan mengetahui kondisi sesungguhnya dari barang yang akan dilelang. Dari 14 barang yang dilelang, 11 diantaranya laku terjual lelang jauh di atas harga limit, dan tiga barang berstatus Tidak Ada Penawaran (TAP). 


Dari kegiatan lelang tersebut, tercapai pokok lelang sebesar Rp26.875.000, bea lelang pembeli (Rp537.500) dan bea lelang penjual (Rp537.500) yang sama-sama ditetapkan sebesar dua persen dari masing-masing pokok lelang. Semua hasil yang diperoleh dari pelaksanaan lelang kali ini seluruhnya disetor ke kas Negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 

Hal yang menarik dari lelang tatap muka kali ini adalah,  kenaikan harga yang cukup tinggi pada beberapa lot lelang. Kemeja batik Danar Hadi yang mencapai pokok lelang sebesar 800 persen dari nilai limit (kenaikan sebesar 700 persen). Selain itu, beberapa barang lain juga mencapai pokok sebesar lebih dari 300 persen dari harga limit, yakni Jam Tangan Merk Alexander Christie 9601MC dan Parfume HMNS ORGSM 100 ml.

Pengembalian Uang Jaminan Lelang bagi peserta yang kalah, uang Jaminan Lelang dikembalikan 100 persen di luar biaya transaksi perbankan (jika ada). Untuk pelunasan dan pengambilan barang dilaksanakan setelah acara lelang ditutup oleh Pejabat Lelang, pelunasan dengan jangka waktu lima hari kerja.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini