Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Muda Commencement Day, Wamenkeu: Pegawai Muda DJKN Berikan Kontribusi Terbaikmu sebagai Penjaga Aset Negara
Futri Almirah
Jum'at, 28 Oktober 2022 pukul 17:09:54   |   114 kali

Jakarta – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memberikan pesan kepada seluruh delegasi DJKN Muda untuk memberikan kontribusi terbaik dalam mengelola aset negara. “Saya hanya titip satu hal saja tentang kekayaan negara kita, bahwa kekayaan negara kita yang begitu besar yang Anda administrasikan, yang Anda kelola, itu harus dikelola dengan penuh integritas. Harga Anda, akan senilai dengan integritas itu. Berikan kontribusi terbaikmu untuk menjaga aset negara,” pesannya kepada  Delegasi DJKN Muda maupun bagi seluruh pegawai muda DJKN yang menjadi semangat untuk terus memberikan kontribusi terbaiknya sebagai penjaga aset negara dalam acara DJKN Muda Commencement Day pada Jumat (28/10) di Aula Kantor Pusat DJKN.


Pada Commencement speechnya, Suahasil menyampaikan agar segala pengetahuan yang telah diterima oleh 25 Delegasi DJKN Muda tahun 2022 pada seluruh rangkaian kegiatan, dapat dibawa ke lingkungan kerja dan disebarluaskan untuk peningkatan capaian organisasi. “Agar pengetahuan yang para Delegasi dapatkan sebagai DJKN Muda, bukan menjadi hal yang ekslusif, yang disimpan hanya untuk diri sendiri. Namun, dapat disebarluaskan dan dibawa ke seluruh ruang diskusi sehingga pengetahuan tersebut menjadi inklusif dan menghasilkan manfaat yang luas bagi organisasi, ungkapnya.


Di tempat yang sama, Dirjen Kekayaan Negara Rionald Silaban menyampaikan bahwa penyelenggaraan DJKN Muda dengan salah satu kegiatan berupa penyusunan capstone project, diharapkan mampu menjadi dorongan bagi pegawai-pegawai muda DJKN untuk berpikir kritis dan turut berkontribusi dalam memecahkan masalah-masalah menantang yang dialami dalam lingkup DJKN khususnya, maupun Kementerian Keuangan. “Harapan kami, Pegawai Muda DJKN terlatih dengan evidance and research base policy terkait dengan isu strategis di DJKN dapat tertuang dalam capstone project berikut rekomendasinya dapat menjadi salah satu solusi pencapaian tugas dan fungsi DJKN,”ucap Rio.


Lebih lanjut, Rio berpesan bahwa pelaksanaan Commencement Day DJKN Muda tahun 2022 yang bertepatan dengan Sumpah Pemuda ke-94, bukan tanpa sebab. Karena semangat sumpah pemuda pada jaman itu tidaklah berbeda dengan harapan-harapan kepada pemuda saat ini. “Terinspirasi dari lirik lagu Indonesia Raya “disanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku ”, hal inilah yang diharapkan dari DJKN Muda, mampu menjadi Pandu, yakni pandu yang menjadi penunjuk jalan untuk Indonesia yang lebih baik dan lebih maju,” ujarnya.


Pelaksanaan Kegiatan DJKN Commencement Day DJKN Muda Tahun 2022, mengusung tema Recovering Together to become a Game Changer in Asset Manager ini sejalan dengan momentum Presidensi G20 dengan Indonesia selaku tuan rumah. Dalam Presidensi G20, hampir seluruh lini pemerintah turut berkontribusi dan bersinergi dalam pemulihan kondisi di Indonesia. Isu prioritas Presidensi G20  menjadi semangat bagi program DJKN Muda untuk meningkatkan kapasitas pegawai-pegawai muda DJKN yang terpilih melalui seluruh rangkaian DJKN Muda yakni Kelas Think Policy, Penyusunan Capstone Project, Showcase dan Commencement Day DJKN Muda tahun 2022.


DJKN Muda merupakan program yang di inisiasi Sekretariat DJKN yang telah berjalan selama empat tahun penyelenggaraan sejak tahun 2018, 2019, 2020 dan 2021. Sejalan dengan visi dan misi Indonesia 2045, program DJKN Muda bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai muda DJKN yang diproyeksikan akan menjadi pemimpin DJKN pada tahun 2045.


Program DJKN Muda tahun 2022 diikuti oleh 25 Delegasi, berasal dari pegawai-pegawai muda DJKN yang terpilih dari Kantor Pusat dan seluruh Kantor Vertikal DJKN. Acara Commencement Day DJKN Muda merupakan puncak kegiatan dari seluruh rangkaian program DJKN Muda tahun 2022. Menghadirkan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, sebagai Commencement Speaker dan Dirjen Kekayaan Negara, Rionald Silaban, sebagai Keynote Speaker.


Pada commencement day ini, diumumkan 3 Delegasi Project Officer Terkontributif dan 3 Kelompok Capstone Project Terbaik berdasarkan hasil penilaian dewan juri, dari seluruh Delegasi yang terpilih sebagai DJKN Muda tahun 2022. (Almira)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini