Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Buka Capacity Building SMV Icon 2022, Dirjen KN: SMV Icon Menjadi Honest Broker
Nanang Ansari
Rabu, 26 Oktober 2022 pukul 20:38:45   |   408 kali

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban membuka kegiatan Capacity Building Special Mission Vehicle (SMV) Icon 2022 yang dilaksanakan pada Rabu (26/10) di Kantor Pusat DJKN, Jakarta. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal bagi para SMV Icon sebagai perpanjangan tangan DJKN di daerah dan sebagai penyambung komunikasi antara SMV Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan DJKN.

 

"Tugas Anda adalah memastikan bahwa ini bukan soal DJKN, ini soal kita punya produk, kita punya institusi yang memiliki kapasitas, yakni SMV", kata Dirjen KN di hadapan para SMV Icon dari 17 Kantor Wilayah DJKN. Dirinya mengandaikan, bahwa SMV Icon ibarat penunjuk jalan.

 

Dirjen KN menambahkan, SMV Icon harus bisa memastikan bahwa daerah mengenali SMV. "Program ini kita buat karena kita tahu ada yang bisa kita tawarkan, dan saya berharap Anda sebagai icon itu bisa menjadi honest broker", ungkapnya. Pesan harus disampaikan dengan tepat, dan untuk itu perlu knowledge capacity. Dirinya berharap, kegiatan capacity building ini akan membentuk pemahaman SMV Icon secara bulat.

 

Dalam kesempatan yang sama, sebelumnya Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan (KND), Meirijal Nur menyampaikan laporan terkait kegiatan capacity building. Meirijal menyebutkan bahwa SMV Icon dikukuhkan pada Maret 2022 bersamaan dengan peresmian Pojok SMV di tiap Kanwil DJKN.  

 

SMV Icon, lanjutnya, dikukuhkan sebagai agen untuk memperkenalkan proses bisnis SMV Kemenkeu ke stakeholder di wilayah kerja kanwil masing-masing serta menjadi wadah komunikasi sinergi antara Kemenkeu dan SMV. "Hal ini selaras dengan harapan optimalisasi sinergi Kanwil DJKN dengan Direktorat KND DJKN, dan selaras dengan dukungan DJKN dalam program Regional Chief Economist (RCE) Kemenkeu Satu.

 

Sejak Maret 2022, terdapat berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh SMV Icon dan Pojok SMV, antara lain kegiatan amplifikasi peran dan mandat SMV Kemenkeu melalui webinar, capacity builidng, dan sharing session, sinergi pemberdayaan UMKM, kerja sama dengan Pemda, dan kegiatan lainnya.

 

Mengakhiri laporannya, Meirijal berharap, para SMV Icon setelah mengikuti capacity building akan memiliki pemahaman yang baik tentang RCE dan memiliki kemampuan public speaking yang baik dalam melakukan sosialisasi mengenai SMV di daerah masing-masing.

 

Kegiatan yang berlangsung 25-28 Oktober 2022, diisi dengan beberapa kegiatan. Di antaranya sharing session tentang Optimalisasi Peran DJKN dalam RCE Kemenkeu oleh Tenaga Pengkaji  Restrukturisasi, Privatisasi, dan Efektivitas KND, DJKN, dan oleh Tenaga Pengkaji Bidang Perbendaharaan DJPb. Selain itu, para SMV Icon ini juga dibekali dengan materi keterampilan public speaking yang disampaikan oleh psikolog, Okky Asokawati. (aa-ak)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini