Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sumpah Merupakan Tanggung Jawab Diri Sendiri Kepada Tuhan
N/a
Rabu, 06 Maret 2013 pukul 09:05:30   |   5764 kali

Manado – Pengambilan sumpah jabatan merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pejabat Negara tatkala akan menjalankan tugas baru atau mendapat jabatan baru.

Kira-kira hampir 10 bulan setelah dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), akhirnya pada tanggal 14 Februari 2013 tiga orang CPNS pada Kanwil (Kanwil) XVI DJKN Manado dilantik dan diambil sumpahnya untuk menjadi PNS. Acara tersebut dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah tiga pejabat lelang yang baru di lingkungan Kanwil XVI DJKN Manado. Dua orang Pejabat Lelang yang akan dilantik berasal dari Kantor Pelayanana Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado dan satu orang lainnya berasal dari KPKNL Palu.

Acara yang dilangsungkan di ruang tengah Kantor wilayah XVI DJKN Manado ini dihadiri oleh Kepala Kanwil (Kakanwil), Para Kepala KPKNL serta Pejabat eselon III dan IV di jajaran Kanwil XVI DJKN Manado dan berlangsung dengan tertib dan lancar.

Berbeda dengan para Pejabat Lelang yang dengan lancar mengucap sumpahnya, bagi para CPNS, pengambilan sumpah merupakan sesuatu belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga kegugupan pun mewarnai saat para CPNS diambil sumpahnya. Rona kegugupan terlihat ketika Kakanwil menanyakan kepada para CPNS “apakah kalian siap untuk diambil sumpahnya?,” para CPNS pun menjawab dengan ragu sehingga Kakanwil pun mengulangi pertanyaanya tersebut dan mengatakan “tolong dijawab dengan semangat!” Setelah pengambilan sumpah selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah yang disaksikan oleh para saksi dan rohaniwan yang hadir.

Andikan Presley Bintang, Anri Noverman Sinaga, dan Febrianto Suryo Yudhistiro adalah nama-nama CPNS yang secara de facto diresmikan menjadi PNS walaupun secara de jure, SK yang telah diterima menunjukkan bahwa mereka telah menjadi PNS sejak 1 April 2012.

Setelah melantik PNS dan Pejabat Lelang yang baru, Ngakan Putu Tagel menyampaikan amanatnya bahwa sumpah yang telah dilakukan merupakan tanggung jawab diri sendiri yang harus dijalankan karena sumpah merupakan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Dengan dilakukannya sumpah pegawai ini diharapkan agar PNS maupun Pejabat Lelang yang baru bisa bekerja dengan lebih semangat. Kinerja yang sudah baik harus dipertahankan bahkan ditingkatkan lebih baik lagi agar hasil kerja bisa lebih optimal. (Febrianto – Kanwil Manado)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini