Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Semarang Sumbang Rp20 Miliar Lebih PNBP dari Pelaksanaan Lelang
Dwito Joko Priyono
Kamis, 13 Oktober 2022 pukul 09:06:06   |   269 kali

Semarang – Pelunasan lelang  hampir Rp50 miliar berhasil menyumbang penerimaan ke kas negara. Kontribusi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) menyentuh angka Rp3.078.650.770,00 tercatatkan sebagai bea lelang.  PNBP ini diperoleh dari pelaksanaan lelang eksekusi harta pailit dan lelang eksekusi Ps. 6 UUHT yang berlangsung pada Rabu (05/10) lalu.

Kedua lelang tersebut dilaksanakan di E-Auction Corner Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang dengan dipandu oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Madya Dany Kuryanto dengan disaksikan oleh Pejabat Penjual dan saksi dari pihak penjual/pemohon Lelang dan KPKNL Semarang yang dilakukan secara online tanpa kehadiran perserta,  sedangkan penawaran dilakukan secara closed bidding.


Lelang eksekusi Ps.6 UUHT  ini, dimohonkan oleh PT. Bank Central Asia dengan objek lelang berupa empat bidang tanah beserta bangunan diatasnya berlokasi di Jalan Industri Wijaya Kusuma, Kelurahan Randugarut, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan lelang eksekusi harta pailit  dimohonkan Tim Kurator PT Innovative Plastic Packaging (dalam pailit) dengan objek lelang berupa satu bidang tanah beserta bangunan diatasnya yang berlokasi di Jalan Industri BSB, Kelurahan Jatibarang, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah.


Atas capaian ini, KPKNL Semarang berhasil melampaui target tahunan lebih dari 100% atas indikator kinerja utama (IKU) target pokok lelang sebesar Rp547.000.000.000 dan hampir tercapai 100% PNBP Lelang dari target sebesar Rp20.800.000.000  meskipun masih tersisa lebih dari dua bulan sampai akhir tahun 2022.


Meski sudah mencapai target, Kepala KPKNL Semarang Partolo berharap seluruh pegawai senantiasa melakukan pelayanan prima dan optimal demi memberikan kontribusi yang maksimal atas penerimaan negara melalui layanan lelang maupun layanan unggulan lainnya. “Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi KPKNL Semarang, tidak hanya mempertahankan performa akan tetapi berupaya maksimal untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi serta siap menghadapi target yang lebih challenging di periode berikutnya,” pungkasnya. (Penulis: Dwito Joko P)

 

 

 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini