Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sinergi dan Kolaborasi, Kanwil DJKN Jatim Lelang Serentak Aset Sitaan dalam Rangka Penagihan Pajak
Deni Atif Hidayat
Senin, 10 Oktober 2022 pukul 21:59:09   |   299 kali

Surabaya - Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Timur berkolaborasi dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II mengadakan kegiatan Lelang Serentak atas Aset Sitaan dalam Rangka Penagihan Pajak, Kegiatan tersebut dilaksanakan secara Hybrid melalui zoom dan di Aula Kanwil DJP Jatim II jalan Raya Bandara Juanda No.37, Semambung, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.


Kepala Kanwil DJP Jawa Timur II Agustin Vita Avantin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan lelang sebagai tindakan dalam rangkaian penagihan pajak ketika wajib pajak mampu namun tidak mau membayar pajak untuk memberikan efek jera maka terhadap aset wajib pajak akan dilaksanakan lelang. “Lelang Serentak ini dilaksanakan oleh 13 Kantor Pelayanan Pajak dengan total nilai limit Rp967 juta,” ungkapnya.


Sedangkan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur Tugas Agus Priyo Waluyo menyampaikan kegiatan lelang serentak ini sebagai perwujudan sinergi yang sangat baik antara unit-unit di Kementerian Keuangan dan sesuai dengan amanah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang selalu menyampaikan Kemenkeu Satu Kemenkeu Terpercaya.


“Lelang aset sitaan pajak dalam rangka penagihan pajak sudah sering dilakukan, namun masih sendiri-sendiri antara KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang-red) dan KPP (Kantor Pelayanan Pajak-red) Pratama. Saat ini lelang dilakukan secara serentak sehingga gaungnya terdengar dan semoga tujuan dari penagihan pajak tersebut dapat tercapai.” jelasnya. 


Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 13 KPP di lingkungan Kanwil DJP Jawa Timur II yaitu KPP Madya Sidoarjo, KPP Madya Gresik, KPP Pratama Sidoarjo Barat, KPP Pratama Sidoarjo Utara, KPP Pratama Jombang, KPP Pratama Gresik, KPP Pratama Lamongan, KPP Pratama Bojonegoro, KPP Pratama Tuban, KPP Pratama Madiun, KPP Pratama Ngawi, KPP Pratama Ponorogo, dan KPP Pratama Pamekasan yang bersinergi dengan KPKNL di Lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur yaitu KPKNL Surabaya, KPKNL Sidoarjo, KPKNL Madiun, KPKNL Pamekasan, dan KPKNL Malang.


Sebanyak 19 aset dilelang dengan total nilai limit sebesar Rp967 juta yang berasal dari 16 wajib pajak pada 13 KPP di lingkungan Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II. Aset yang dilelang terdiri dari dua bidang tanah, satu unit ruko, empat unit mobil, satu unit dump truk, sembilan unit motor, perhiasan emas, serta iPhone (dah).

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini