Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kemenkeu Berikan Dukungan ke Pelaku UMKM melalui SMV
Ridho Kurniawan Siregar
Kamis, 22 September 2022 pukul 22:18:16   |   140 kali

Pekanbaru - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengatakan Kementerian Keuangan memberikan dukungan pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui special mission vehicle (SMV) di mana salah satu SMV Kementerian keuangan yang  erat hubungannya secara langsung dengan UMKM adalah Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). "LPEI memberi dukungan kepada UMKM melalui berbagai fasilitas diantaranya fasilitas pembiayaan, pejaminan, asuransi dan konsultasi atau pelatihan," ujarnya saat webinar bertajuk "Peran Kementerian Keuangan dan LPEI dalam Mendorong Pertumbuhan Ekspor UMKM di Provinsi Riau" yang diselenggarakan secara daring pada Kamis, (22/9).


Rionald juga berharap keberadaan Pojok SMV di Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri diharapkan dapat menjadi penghubung informasi dan kolaborasi LPEI dengan Pemerintah Daerah dalam memberdayakan UMKM yang berorientasi ekspor.

Dalam webinar yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau, para pejabat perangkat daerah, jajaran Kementerian Keuangan Provinsi Riau, dan para pelaku UMKM binaan Kementerian Keuangan ini merupakan semangat Kemenkeu Satu dan bentuk dukungan Program Pemerintah dalam Pemberdayaan UMKM untuk Memperkuat Stabilitas Ekonomi Daerah, Pojok SMV Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri.


Adapun narasumber pada kegiatan webinar kali ini yaitu Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI Raden Gerald S. Grisanto dengan materi Peran LPEI dalam Pengembangan Ekspor Nasional, Penyuluh Pajak Ahli Madya Kanwil DJP Riau Agus Suyanto dengan materi Kewajiban Perpajakan bagi UMKM dan Kasi Kepatuhan dan Bimbingan Hubungan Masyarakat Kanwil DJBC Riau Jalu Restu Wisuda dengan materi Prosedur Kepabeanan Dalam Menunjang Ekspor Produk UMKM.


Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menempatkan pemulihan UMKM sebagai salah satu pilar terpenting. Pemulihan ekonomi nasional dimulai dari upaya pemulihan terhadap sektor UMKM  hal ini karena UMKM tersebar di perkotaan, pedesaan, dan daerah terpencil.

Dalam kesempatannya, Kepala Kanwil DJKN RSK Sudarsono menyampaikan Potensi dan peran UMKM dalam pengerak roda ekonomi masih banyak tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM. "Untuk mengatasi tantangan tersebut, perlu adanya peningkatan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk mendukung dan memberdayakan UMKM," ungkapnya.


Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto menyampaikan Pemerintah Provinsi Riau saat ini terus berupaya mengembangkan sektor UMKM dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi memperkuat UMKM daerah dengan mengangkat kearifan lokal yang memiliki potensi dan peluang besar untuk terus dikembangkan, seperti tenun, songket melayu, batik Riau, kuliner,  dan lainnya.

“Produk-produk lokal UMKM ini memerlukan sentuhan kreativitas dan inovasi sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan dapat menembus pasar ekspor sehingga akan memberikan keuntungan yang lebih besar,” ucapnya.

Dengan adanya pemaparan tentang kepabeanan dan perpajakan juga yang disampaikan oleh Kanwil DJBC dan Kanwil DJP Riau diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada para pelaku UMKM terkait ekspor dan pelaku UMKM dapat melaksanakan ekspor melalu provinsi Riau.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini